PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI MEDIA PAPAN DADU

Fadillaaini Nasution, Mayang Sari Sitorus, Sarah Ramdhani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kita tentang perkembangan kecerdasan logis-matematis anak dengan menggunakan media permainan dadu di TK Risky Ananda Medan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancaraguru dan studi dokumen dan dianalisis menggunakan metode observasi. Subjekpenelitian adalah anak TK dan guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan papan dadu saat pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan logis-matematis anak. Anak memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan papan dadu. Karena papan dadu menarik dan menyenangkan, serta membantu anak mengembangkan keterampilan dasar berhitung, memecahkan masalah, dan memahami konsep matematika. Permainan papan dadu dengan aktivitas interaktif dan kooperatif memberikan stimulus yang baik untuk mengembangkan pemikiran logis anak.Guru mengembangkan metode pembelajaran aktif dan kreatif serta menggunakan media papan dadu yang menarik untuk meningkatkan minat dan motivasi anak dalam belajar. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan beberapa tantangan dalam penerapan permainan papan dadu, seperti anak-anak kesulitan memahami aturan permainan dan menulis angka.

 

ABSTRACT

The aim of this research is to increase our understanding ofthe development of children's logical-mathematical intelligence by using the dicegame at Risky Ananda Kindergarten in Medan.The method used is a qualitative approach with descriptive methods. Data was collected through teacher interviews and document studies and analyzed using observation methods.There search subjects were kindergarten children and teachers. The research results show that using a dice board during learning can improve children's logical- mathematical intelligence.Children responded positively to learning activities using adice board. Because diceboards are interesting and fun,and help children develop basic counting skills,solve problems and understand mathematical concepts.Diceboard games with interactive and cooperative activities provide a good stimulus for developing children's logical thinking. Teachers develop active and creative learning methods and use interesting dice board media to increase children's interest and motivation in learning.

 


Keywords


intelligence ,logic , early childhood

Full Text:

PDF

References


Ai Suminar, Alfian Ashshidiqi. 2020. Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Dengan Menggunakan Media Realia Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembinaan. Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Mulyana,Deddy.2008.Metodologi Penelitian Komunikasi.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurlailihasanah,Cristiana Normalita de Lima.2022.Pengembangan Permainan Dadu Tematik Berbasis Kearifan Lokal Papua Untuk Mengembangkan Aspek Perkembangan Kognitif, Bahasa Dan Motorik Anak TK kelompok B di TK Al Hikmah Merauke.Jurnalpendidikan Indonesia. 2 (06) , 229- 236

Thailand Ramadhani. Dkk. 2018. Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematika Anak Melalui Permainan Congklak Angka di TK it Permata Sunnah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2), 50-60

Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti, dkk. 2016.Gambaran kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Kumala Cendekia. 207-216.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v7i1.3540

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.