MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ABJAD PADA SISWA KELOMPOK A TK KARTINI KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU MELALUI MEDIA LEMBAR BALIK
Abstract
Penelitianini bertujun untuk meningkatkan keterampilan membaca abjad siswa TK kelompok A melalui media lembar balik di TK Kartini, Junrejo, Batu, Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan selama 6 pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa kelompok A yang terbagi atas 11 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca abjad siswa TK kelompok A dengan media lembar balik meningkat secara signifikan. Analisis data diperoleh dari membandingkan data prasiklus dan pascasiklus.
Kata Kunci: Kemampuan membaca abjad, media lembar balik.
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Siti; dkk. 2008.Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta: Grasindo.
Kemendiknas Dirjen Mandas dan Menengah Direktorat Pembinaan TK SD. 2009. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.383
Article Metrics
Abstract view : 314 timesPDF - 366 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.