ANALISIS PENERAPAN TIGA PILAR KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Felix Semaun

Abstract


Penelitian ini bertolak dari realita kesempatan memperoleh pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sintang masih belum merata sampai di desa-desa dan masih terkonsentrasi di daerah perkotaan, kurangnya tenaga pendidik dan kependidikan dari segi kualitas dan kuantitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan tiga pilar kebijakan pemerintah dalam pembinaan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sintang.Tujuan khusus penelitian adalah mengetahui 1) bentuk tiga pilar kebijakan pemerintah dalam pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sintang,2) kendala dalam merealisasikan tiga pilar kebijakan pemerintah dalam pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sintang, 3) upaya pemerintah dalam mewujudkan tiga pilar kebijakannya dalam pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sintang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang bagian pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya penerapan tiga pilar kebijakan pemerintah dalam pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sintang agar setiap desa mendapat kesempatan pembinaan pendidikan anak usia dini dengan guru yang profesioanl dalam bidangnya.

Kata Kunci : Tiga pilar, Kebijakan Pemerintah, Pendidikan Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


Agung, I. 2010. Perluasan Wajib Belajar 12 Tahun : Suatu Pemikiran. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan. Hal.119 – 135.

Anita, 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2007. Undang-undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Tidak diterbitkan). Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2004-2009. (Tidak diterbitkan). Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Depdiknas.

Ditjen Dikti. 2006. Gerakan PAUDISASI, Satu Desa Satu PAUD. Jakarta.

Hanafi, T. 2015. Kebijakan Implementasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Seminar Nasional Kurikulum PAUD. Yogyakarta.

Fadli. 2018. Blogs.htm// Tiga Pilar Pendidikan Nasional/ di akses pada Sabtu, 10 Maret 2018, pukul: 19.40 Wib.

Herawati, N. 2015. Sambutan Ketua Umum PP HIMPAUDI. Seminar Nasional Kurikulum PAUD. Yogyakarta.

Istiqomah. 2016. Tiga Pilar Kebijakan Pemerintah dalam Pembinaan PAUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak. Vol.1 No.2

Latif, dkk. 2014. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Media Group.

Nasution, S. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Noorlaila, I. 2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI :No 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan AUD. (Tidak diterbitkan).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (Tidak diterbitkan).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 146 tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 PAUD. (Tidak diterbitkan).

Rosadi, D. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Kerangka Otonomi Daerah. Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Vol.2.No.1.Hal.60-72.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & R&D.Bandung: PT. Alfabeta.

--------------. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif &R&D.Bandung: PT. Alfabeta.

Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks Permata Puri Media.

Udin, S. dkk. 2011. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.(Tidak diterbitkan).

Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (Tidak diterbitkan).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.385

Article Metrics

Abstract view : 630 times
PDF - 1936 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.