ANALISIS BIMBINGAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK SINAR MENTARI PANDAN SUNGAI TEBELIAN SINTANG

Suryameng Suryameng

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bimbingan guru dalam mengembangkan perilaku kemandirian anak usia dini di TK Sinar Mentari Pandan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa TK Sinar Mentari Pandan Sungai Tebelian Sintang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan adalan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu hasil observasi, dan wawancara diperoleh suatu gambaran bahwa bimbingan guru dalam mengembangkan perilaku kemandirian anak usia dini di TK Sinar Mentari Pandan Sungai Tebelian Sintang sangat diperlukan. Dapat penulis simpulkan bahwa bimbingan yang diberikan guru yaitu pemahaman tentang siswa, pemberian informasi, pemberian nasihat, dan pembiasaan. Guru selalu mengintegrasikan setiap kegiatan pembelajaran dengan kemandirian, dan menciptakan suasana belajar yang menarik. Faktor pendukung melatih kemandirian anak  adalah kurikulum TK, semangat dan kesadaran guru sangat tinggi, dan sarana prasarana yang sudah memadai untuk melatih kemandirian. Sedangkan faktor hambatan yang dialami guru dalam mengembangkan kemandirian anak TK Sinar Mentari Pandan yaitu anak-anak suka malas dan lupa akibat dari suka sibuk sendiri dan mau cepat-cepat bermain ke luar kelas. Selain itu, kadang anak tidak mau menuruti dan lupa pada aturan yang telah ditetapkan.Upaya guru dalam mengatasi faktor hambatan bimbingan guru dalam mengembangkan perilaku kemandirian anak yaitu pemecahan masalah dan menjalin hubungan yang harmonis dengan anak. Demikian bimbingan guru melatih kemandirian anak di TK Sinar Mentari Pandan Sungai Tebelian Sintang sudah maksimal.


Kata kunci: bimbingan guru, pengembangan perilaku kemandirian


Full Text:

PDF

References


Ali, M dan Asrori, M. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asrori, M. 2008. Memahami dan Membantu Perkembangan Peserta Didik.Pontianak: Untan Press.

Jannah, Lyli Alfiyatul. 2013. Kesalahan-Kesalahan Guru PAUD Yang Sering Dianggap Sepele. Jogjakarta: Diva Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sulhani. 2013. Analisis peranan guru dalam mengembangkan perilaku bertanggung jawab pada anak usia 5-6 tahun di PAUD anugrah indah. Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Sumantri, Mulyani dan Syaodih, Nana. 2007. Perkembangan Peserta Didik.Jakarta: Universitas Terbuka.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini Strategi Membangun Krakter di Usia Emas. yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yamin, Martinis dan Sanan, J S. 2013. Panduan PAUD. Jambi: Referensi.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.388

Article Metrics

Abstract view : 640 times
PDF - 278 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.