IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTERKELAS III SD TEMPUNAK KABUPATEN SINTANG

Felix Semaun

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertolak dari belum maksimal implementasi kebijakan pendidikan karakter kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang.Tujuan umum penelitian adalah mendeskripsikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan 1) Bentuk kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang, 2) Kendala dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang, 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling.Subjek penelitian adalah Kepala Seksi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Ketua komite SD Tempunak, Kepala sekolah, guru agama dan guru kelas III SD Tempunak. Hasil penelitian menunjukkan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Sintang dan para guruberkomitmen membangun dan mengembangkan karakter positif peserta didik sehingga menjadi  manusia yang mandiri, berkepribadian baik, percaya diri, motivasi, cerdas dan berakhlak.

 

Kata kunci : Kebijakan Pendidikan Karakter, Kelas III, Sekolah Dasar Tempunak


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta

Fathurrohman, P, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama

Hurlock, E.B. 2007. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.(Edisi kelima) Jakarta : Erlangga

Husaini, A.2010. Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, dalam Pendidikan Karakter Membangun Bangsa Beradab. Bandung : UPI

Peraturan Presiden Republik Indonesia, Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan. Jakarta

Kementrian Pendidikan Nasional Melalui Badan Penelitian dan Pengembangan , 2010. Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta.

Nasution, S. 2009. Metode Research Penelitian (Penelitian Ilmiah). Jakarta : PT Bumi Aksara

Samani, dkk. 2011. Konsepdan Model Pendidikan Karakter.Bandung: Rosda.

Sapriya, 2007. Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Warga Negara. Jurnal Sekolah Dasar. Vol 16 (1).

Saptono, dkk. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter : Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta : Esensi Erlangga Grup

Sibarani, R. 2012. Membentuk Karakter sesuai Kearifan Lokal. Jakarta : ATL. 2011.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung : PT Alfabeta.

.............., 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung : PT Alfabeta.

Thomas Lickona, 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung : Nusa Media.

Tilaar, H.A.R & Nugroho, R. 2008. Kebijakan Pendidikan : Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Tidak Diterbitkan). Jakarta : Depdiknas, www.education planner.org.

Suyanto. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menenga. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.607

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.