EURETMIKA DALCROZE DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI PAUD

Gabriel Serani

Abstract


Kecerdasan musikal seperti halnya kecerdasan yang lain harus dikembangkan pada anak sejak dini. Namun tidak semua metode pembelajaran cocok diterapkan terutama pada anak-anak.Penelitian ini mengulas salah satu metode pembelajaran musik yakni Euretmika, yang dicetuskan oleh seorang professor dan pengajar musik dari Swiss, Emile Jacques-Dalcroze (1865-1950).Dalcroze membagi pembelajaran musik atas tiga tahap yakni euretmika (latihan kepekaan tubuh terhadap ritem musik), solfes (latihan  pendengaran dan reaksi tubuh terhadap nada-nada) dan improviasi (kreasi komposisi lagu & gerak dengan cepat dan spontan). Jenis penelitian ini berupa studi kepustakaan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Metode Euretmika memberdayakan fakultas tubuh (telinga, mata dan otot-otot) untuk membangun kepekaan, persepsi dan pemahaman tentang unsur-unsur musikal.Karena itu integrasi Euretmika dalam pembelajaran di PAUD tidak hanya bisa merangsang kecerdasan musikal anak sejak dini tetapi juga dapat menciptakan atmosfer pembelajaran Student Centered Learning melalui aktivitas yang muda dan menyenangkan seperti lagu/musik dan gerak.

Kata Kunci: Euretmika, Pengembangan kecerdasan music,  Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2010. ProsedurPenelitian SuatuPendekatanPraktik. Jakarta: Rineka Cipta

Anderson, W. T. (2014). The Dalcroze Approach to Music Education: Theory and Applications.

Aronoff, F. . (1979). Music and Young Children. Turning Wheel Press.

Dalcroze, E. J. (1921). Rhythm, Music and Education (H.F.Rubinstein (trans.)). Chatto & Windus.

Dalcroze, E. J. (1930). Eurhythmics, Art, and Education. In C. Cox (Ed.), & F. Rothwell (Trans.), Eurhythmics, Art, and Education (p. 183).

Dewi, E. K., Rusmawati, D., & Ratnaningsih, I. Z. (2015). The Effect of Music and Motoric Movement Intervention to Increase Attention among Elementary School Studentsin Semarang Central Java. Procedia Environmental Sciences, 23(Ictcred 2014), 179–185.

Dopo, F. B. (2017). Pengembangan Metode Pembelajaran Seni Musik untuk Anak dalam Perspektif Eurhytmic Dalcroze: Suatu Tinjauan Evaluatif. 2nd Annual Proceeding STKIP Citra Bakti, Bajawa, NTT ., 2(November), 165–171.

Georgieva, E. (2017). Effect of Music on Children’s Nature and Behaviour. How music can Educate, But also Destroy. Trakia Journal of Science, 15(4), 325–327.

Hallam, S. (2010). The Power of Music: Its Impact on the Intellectual, Social and Personal Development of Children and Young People. International Journal of Music Education, 28(3), 269–289

Heimonen, M. (2008). Nurturing Towards Wisdom: Justifying Music in the Curriculum. In Philosophy of Music Education Review (Vol. 16, Issue 1, pp. 61–78).

Hogenes, Van Oers, D. (2014). The Impact of Music on Child Functioning. The European Journal of Social & Behavioural Sciences.

Igham, P. B. (1913). The Eurhythmics of Jaques-Dalcroze. In Percy B. Igham (Ed.), Small Maynard and Company (Vol. 18, Issue 3). Small Maynard and Company.

Juntunen, M. (2016). The practical applications of dalcroze eurhythmics. 6(January), 75–92.

Juntunen, M. L. (2016). The Dalcroze Approach. Approaches to Teaching General Music: Methods, Issues, and Viewpoints, June, 141–167.

Juntunen, Marja-Leena. (2016). The Dalcroze Approach: Experiencing and Knowing Music through the Embodied Exploration. (C. R. A. & B. G. (Eds.) (ed.); pp. 141–167). Oxford University Press.

Juntunen, Marja-Lena. (2004). Embodiment in Dalcroze. Educational Sciences.

Kemendikbud. (2018). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (E. Yulaelawati (ed.); Issue 021). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan PendidikanMasyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa.

Schellenberg, E. G. (2011). Music lessons, Emotional Intelligence, and IQ. Music Perception, 29(2), 185–194.

Seitz, J. A. (2005). Dalcroze, the Body, Movement and Musicality. Psychology of Music, 33(4), 419–435.

Sri Utomo, M. R. al-Q. (2015). Mempertimbangkan Euritmika Emile Jaques-Dalcroze pada Pengajaran Seni Musik Anak Usia Dini. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–17.

Sumaryanto, F. T. (2005). Efektifitas Penggunaan Metode Solfegio untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik di Sekolah Dasar. HARMONIA: JURNAL PENGETAHUAN DAN PEMIKIRAN SENI, VI(2).

Suparno, P. (2004). Teori Intelligensi Ganda. Yogyakarta: Kanisius.

Thomsen, K. (2011). Hearing Is Believing: Dalcroze Solfège and Musical Understanding. Music Educators Journal, 98(2), 69–76.

Venetsanou, F., Donti, O., & Koutsouba, M. (2014). EPJ The Effect of a Music/Movement Program on Preschooler’s Motor Rhythmic Ability. European Psychomotricity Journal, 6(April), 60–73.

Wang, D. (2008). The Quantifying Analysis of Effectiveness of Music Learning Through the Dalcroze Musical Method. Online Submission, 5(9), 32–41.

Zachopoulou, E., Tsapakidou, A., & Derri, V. (2004). The Effects of a Developmentally Appropriate Music and Movement Program on Motor Performance. Early Childhood Research Quarterly, 19(4), 631–642.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v2i2.766

Article Metrics

Abstract view : 532 times
PDF - 2774 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.