IMPLEMENTASI BUDAYA HANDOP DALAM MEMPERERAT TALI SILAHTURAHMI DALAM KOMUNITAS SOSIAL MASYARAKAT DESA PANEKASAN KECAMATAN SERAWAI
Abstract
Tujuan dalam penelitian adalah Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan mengapa budaya Handop dapat mempererat tali silahturami masyarakat Desa Panekasan Kecamatan serawai. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bentuk etnografi. Hasil dalam penelitian ini yaitu proses pelaksanaan budaya Handop yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sehingga dapat mempererat tali silahturahmi masyarakat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah budaya Handop merupakan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang suku dayak Uud Danum dan dapat menyatukan masyarakat saat pelaksanaan Handop yang ada di Desa Panekasan Kecamatan Serawai.
Â
Â
Kata Kunci: Â Handop, Komunitas Sosial
Full Text:
PDFReferences
Afifudin, dan Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Stia.
Bertens.2011.Etika.Jakarta:Kompas Gramedia
Budiyono,Kabul.2012.Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi.Bandung:Alfabeta.
Darmadi, Hamid. 2009.Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
Deby Pebriyanti. 2017. Gotong Royong Dalam Membangun Tongkonan Di Desa Gandang Batu Kecamatan Gandang Batu Silanan Tana Toraja. Toraja: Universitas Hasanuddin.
Endraswara, Suwardi. 2012. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ernia Hariyani. 2019. Tingkat Perubahan Sikap Masyarakat Terhadap Budaya Gotong Royong Di Kampung Sawit Permai Kecamatan Dayun Kabupaten Riau. Riau: UIN SUSKA Riau.
Furchan. 2011. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Herskovits. 2013. Teori-teori kebudayaan. Bandung: Pustaka Setia
Humanika. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic CultureDi KecamatanBonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau Vol.23. No.1
Ki Hajar Dewantara.2013. teori-teori kebudayaan. Bandung: Pustaka Setia
Koentjaraningrat.2015.Kebudayaan, Mentalitas Dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Hal 9.
Moeleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Nasuiton. 1998 Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, Hal 223
Narbuko,Choild dan Abu Achmadi.2012. metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksa.
Nawawi,H. 2012. “ Metode Penelitian Bidang Sosialâ€. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia
Nurul Wahyu Lestari. 2015. Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kearifan Gotong Royong Melalui Kebun Desa Di Desa Mojosimo Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Paul Sudiyono. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Tema Publishing.
Samaun Maujud. 2015. Kepulauan Maluku Utara: Universitas Negeri Gorontalo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:alfabeta
_______. 2011. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi.2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sulasman dan setia, G. 2013. Teori-Teori Kebudayaan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Tamuji, Dkk.2011.ilmu alamiah dasar,ilmu sosial dasar, ilmu budaya dasar. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Pres, hal 151
Tohirin. 2016.â€Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bibingan Konselingâ€. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1165
Article Metrics
Abstract view : 341 timesPDF - 413 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.