PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA
Abstract
Pendidikan kewarganegaraan telah dimasukkan ke dalam kurikulum, dan pembelajaran dilaksanakan di pendidikan dasar pada semua jenjang.Fungsi dan peran pendidikan kewarganegaraan adalah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan itu sendiri adalah untuk menjadikan warganya warga negara yang baik, karena warga negara yang baik tidak dapat secara langsung mendukung pembangunan berkelanjutan di negara terkait. Metode penelitian ini mengadopsi studi literatur atau metode penelitian sastra, yang memuat teori-teori teoritis yang berkaitan dengan masalah penelitian, yang mengumpulkan data dengan mempelajari buku, dokumen, catatan dan laporan yang berkaitan dengan pemecahan masalah, dan diharapkan pendidikan di Indonesia akan memampukan peserta didik. dipersiapkan untuk menjadi warga negara. Mereka tegas dan konsisten dalam mempertahankan negara kesatuan NKRI, dan pembangunan ciri-ciri bangsa dijadikan sebagai penggerak utama pembangunan negara. Artinya, setiap upaya pembangunan harus selalu diarahkan pada aspek yang berdampak positif bagi pembangunan karakter.
Kata kunci : Pendidikan, Pendidikan kewarganegaraan, karakter.
Full Text:
PDFReferences
Akbal, M. (2017, October). Pendidikan Kewarganegaraan dalam pem- bangunan karakter bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 485-493).
Budimansyah, D. 2008. “Revitalisasi Pembelajaran Pendidikan Kewarga- negaraan melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen)†dalam Acta Civicus Vol. 1. Nomor 2, April 2008.
Budimansyah, D. 2009. Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
Budimansyah, D. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.
Budimansyah, D., Syaifullah, S. 2006. Pendidikan Nilai-Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarga- negaraan. Laboratarium Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS UPI.
Cholisin. 2011. Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran Pkn. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).
Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.
Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37-45.
Saputra, E. (2016). Peranan Metode Diskusi Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Tingkap, 11(1), 26-40.
Somantri, Nu’man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Dedi Supriadi & Rohmat Mulyana (ed). Bandung: PPS-FPIPS UPI.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarata: PT Bumi Aksara.
Suwito, A. (2012). Integrasi Nilai Pendidikan Karakter ke dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarga- negaraan di Sekolah Melalui RPP. CIVIS, 2(2/Juli).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta.
Wibowo, A. P., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret memperkuat multikultura- lisme di Indonesia. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarga- negaraan, 14(2), 196-205.
Winarno. (2020). Paradigma baru Pendidikan Kewarganegaraan edisi keempat. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Gambar 1 Nama PKN dari 1957 sampai sekarang.
Gambar 2 Kerangka Kebijakan Nasional Pembangunan Bangsa dan Karakter (Menkokesra : 2010).
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171
Article Metrics
Abstract view : 33193 timesPDF - 52701 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.