PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF PELAJARAN IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai afektif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 03 Makong Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 48 orang. Sedangkan jumlah sampel penelitian mengambil seluruh jumlah populasi. Data tentang nilai afektif siswa dikumpulkan dengan metode observasi langsung bentuk lembar observasi. Data yang sudah diperoleh setelah melakukan observasi langsung kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik parametris. Perbandingan hasil perhitungan hasil belajar ranah afektif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Value Clarification Technique dibuktikan dengan perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor lembar observasi akhir pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil perhitungan uji-t menunjukan bahwa besar thitung 2,910 dan perolehan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,013. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa thitung > ttabel (2,910> 2,013) yang artinya hipotesis nol (Ho) ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah afektif siswa yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional kelas V SD Negeri 03 Makong tahun pelajaran 2017/2018.
Â
Kata Kunci: Kata Kunci : Value Clarification Technique dan Hasil Belajar Afektif
Full Text:
PDFReferences
Agustini, N. L. P. Eka. dkk. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran VCT Terhadap Hasil Belajar Ranah Afektif Mata Pelajaran Pkn Siswa kelas V SDN 2 Kusamba tahun pelajaran 2014/2015â€. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 No. 1 Tahun 2015.
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Izza, Naili Nurul. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique(VCT) Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Pengaruh Globalisasi Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sd 2 Purworejoâ€. Skripsi. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Jihat, Asep., dan Haris, Abdul. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sapriya. 2015. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran. dkk. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta.
Wiratama,Gd. Arya. dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran VCT Berbantuan MediaCerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar RanahAfektif Siswa Mata Pelajaran Pkn Kelas IV SD. JurnalJurusan PGSD Jurusan BK FIP Universitas Pendidikan Ganesha. (http:ejournal undiksa.ac.id diakses 17 mei 2017).
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v3i1.138
Article Metrics
Abstract view : 529 timesPDF - 1494 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.