HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SILAT HILIR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Silat Hilir yang belum mengerti tentang pola asuh orangtua dan karakter. Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil hubungan pola asuh orangtua dengan karakter siswa di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Silat Hilir. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai hubungan antara pola asuh orangtua dengan karakter siswa di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Silat Hilir. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan bentuk penelitian korelasi. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah orangtua dan siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orangtua dan siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yang digunakan adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi tidak langsung berupa angket dan studi dokumentasi berupa dokumen. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) bentuk pola asuh orangtua kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Silat Hilir yaitu permisif sebesar 70,53% rekapitulasi angket sebesar 68,5% (kuat), (2) karakter siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Silat Hilir sebesar 79,86% (kuat), (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan karakter siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Silat Hilir dengan thitung >ttabel  yaitu 12,062 > 2,042 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.Â
Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Karakter SiswaFull Text:
PDFReferences
Furqon Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Pustaka: Surakarta.
Irawati. 2009. Mendidik dengan Cinta. Bekasi: Pustaka Inti.
Poertanto. 2010. Pola Asuh Anak. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Samani. M & Hariyanto. 2016. Pendidikan Karakter. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Sikun. 2007. “Pengantar Ilmu Pendidikanâ€, dalam Menuju Keluarga Bijaksana. Bandung: Yayasan Sekolah Istri Bijaksana.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Teoretis dan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakar.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v3i1.142
Article Metrics
Abstract view : 145 timesPDF - 271 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.