ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA WHATSAPP GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VII DI SMP NEGERI 6 SATU ATAP SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Mardawani Mardawani, Septha Suseka Wangsakusuma, Nelly Evilin Butar Butar

Abstract


SMP Negeri 6 Satu Atap Sintang pada masa Covid-19 melaksanakan proses pembelajaran secara daring dengan media WhatsApp Group. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis dampak pembelajaran daring dengan media WhatsApp Group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII Di SMP Negeri 6 Satu Atap Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif dan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persiapan pelaksanaan pembelajaran daring dengan media WhatsApp Group guru menyiapkan bahan pelajaran terlebih dahulu untuk siswanya selalu menyiapkan alat tulis seperti belajar saat di sekolah tetapi bedanya siswa sekarang belajar di rumah dan menggunakan bantuan alat yaitu smartphone serta mencari jaringan yang bagus agar bisa mengukuti pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran daring dengan media WhatsApp Group berjalan dengan cukup baik. Guru dalam memberikan materi terkadang memberikan materi berupa video dari Youtube. Dan untuk siswanya ada siswa yang paham dan ada siswa yang kurang paham dengan pembelajaran daring dikarenakan penjelasanya yang kurang jelas. 3) Hasil belajar siswa semester ganjil terdapat 27 siswa mendapatkan kategori baik,  semester genap terdapat 13 siswa. Kategori cukup semester ganjil terdapat 34 siswa dan semester genap terdapat 46 siswa. Kategori kurang semester ganjil terdapat 1 siswa dan semester genap terdapat 3 siswa.

 

Keywords: Dampak Pembelajaran Daring, Media WhatsApp Group, Hasil Belajar PKn


 



Full Text:

PDF

References


Media Sosial Whatsapp Pada Pembelajaran Agama Hindu Untuk Di Masa Pandemi”. Jurnal Widya Sstra Pendidikan Agama Hindu. Vol. 2 No. 1.

Dewi Nofita, P. 2020. “Penerapan Pembelajaran IPA Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Di Tengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Penelitian. Vol. 14 No. 2.

Hapnita Widia. 2018. “Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bengunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017”. Jurnal Cived Jurusan Teknik Sipil. Vol. 5 No. 1.

Hidayah Nurul. 2020.” Dampak Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SDN 3 Sriminosari”. Vol. IX No. 2.

Rahartri. 2019. “”WhatsApp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah Di Kawasan Puspitek)”. Jurnal Visi Pustaka. Vol. 21 No. 2.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih, S, E. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v7i1.1634

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.