PERAN MAHASISWA DALAM UPAYA MEMBENTUK GENERASI MUDA BERKARAKTER MELALUI PENDEKATAN HUMANIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU DAYAK DI DESA TELAGA II
Abstract
Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis pada mahasiswa terkait perannya dalam upaya membentuk generasi muda berkarakter melalui pendekatan humanis berbasis kearifan lokalsuku Dayak di Desa Telaga II. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peran mahasiswadalam upaya membentuk generasi muda berkarakter melalui pendekatan humanis berbasis kearifan lokal suku Dayak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian study fenomenologis.Hasil penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan beberapa hal, diantaranya sebagai berikut: 1). Peran mahasiswa pada kegiatan kemasyarakatan seperti kerja bany’au (gotong royong), gawai dayak (rasa syukur), beduruk (saling membatu yang balas-membalas), dan lain-lain. 2). Memberikan pendidikan terkait pengetahuan akan pemahamanan nilai-nilai dasar negara Indonesia. 3). Keikutsertaan mahasiswa dalam pelestarian budaya lokal yang syarat nilai karakter kepada generasi muda melalui pendekatan humanis di Desa Telaga II berupa kegiatan penanaman nilai-nilai budaya melalui pendekatan kemanusiaan yang bersumber dari adat istiadat atau kebiasaan masyarakat setempat.
Â
Kata Kunci : generasi muda, berkarakter, kearifan lokal, suku DayaFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. ProsedurPenelitian: suatupendekatanPraktek. Jakarta: RinekaCipta.
Asmaroini, Ambiro Puji. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 2, Januari 2017 E-ISSN 2527-7057, P-ISSN 2545-2683
Admaja, N.B. 2008. Kearifan Lokal: mendekatkan kesenjangangan teks ideal dan teks sosial melalui pikiran menyintesis dan multiperspektifisme.
Kaelan, Ms. 2014. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta, Paradigma
Mardawani dan Lusiana. (2017). Pengembangan Karakter Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Alternatif Pada Pendidikan Informal Di Kabupaten Sintang. Jurnal Pekan. Vol. 2 No 2, November 2017: 85-89.
Miles, Mattew B dan Hubermen, Michael. 1992. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Baru, Terjemahan Tjetjep Rohendy (2007), Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy.J. 1990. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nugroho, Iwan. Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Falsafah Pandangan Hidup Bangsa Untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Lingkungan Hidup. 2010. Mahkamah Konstitusi (MK) dan Puskasi UniversitasWidyagama Malang. 3(2):107-127. ISSN 1829-7706.
Pimpinan MPR dan Tim Kerja Sosialisasi MPR Periode 2009-2014. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: Sekretariat Jendral MPR RI.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v3i1.184
Article Metrics
Abstract view : 43726 timesPDF - 58257 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.