GURU DALAM PANDANGAN GRAVISIMUM EDUCATIONIS
Abstract
Guru mempunyai kepribadian yang khas. Disatu pihak guru harus ramah, sabar, menunjukkan pengertian, memberikan kepercayaan dan menciptakan suasana aman. Akan tetapi di lain pihak, guru harus memberikan tugas,mendorong siswa untuk mencapai tujuan, menegur, menilai, dan mengadakan koreksi.Tugas guru sebagai suatu profesi, menuntut kepada guru untuk mengembangkan profesionalitas diri sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mendidik, mengajar, dan melatih anak didik adalah tugas guru sebagai suatu profesi. Tugas guru sebagai pendidik, meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup kepada anak didik. Tugas guru sebagai pengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak didik. Tugas guru sebagai pelatih berarti mengembangkan ketrampilan dan menerapakannya dalam kehidupan demi masa depan anak didik.Gereja Katolik memiliki perhatian khusus terhadap dunia pendidikan dalam hal ini guru sebagai pelaku utama pendidikan. Hal ini terbukti dengan adanya dokumen Gravissimum Educationis dalam Dokumen Konsili Vatikan II. Garvissimum Educationis yang artinya sangat pentingnya pendidikan adalah pernyataan tentang pendidikan Kristen yang dicetuskan oleh Paus Paulus VI pada tanggal 28 Oktober 1965 dalam konsili Ekumenis. Ada 5 (lima) pandangan Dokumen Gravissimum Educationis tentang Profesi Guru yaitu: Guru haruslah seorang spesialis, Guru Organisatoris, Guru sebagai Imam, Guru sebagai Penanggungjawab Utama, Guru sebagai Pendidik Karakter.
Â
Kata Kunci: Guru, Gravissimum Educationis.
Â
Â
Full Text:
PDFReferences
E.Mulyasa.2005.Menjadi Guru Profesional.Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.
Sukadi, 2006. Guru Powerful Guru Masa Depan. Bandung: Kolbu.
Koesoema. 2007.Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v2i1.193
Article Metrics
Abstract view : 698 timesPDF - 1616 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.