PERWUJUDAN KEPEMIMPINAN PANCASILA OLEH GURU PKn UNTUK MEMBENTUK DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 2 SINTANG

Ananias Jeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan kepemimpinan Pancasila oleh guru PKn untuk membentuk disiplin siswa pada SMA Negeri 2 Sintang khususnya bagi kelas XII IPA 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perwujudan kepemimpinan pancasila oleh gurupendidikan kewarganegaraan (PKn) untuk membentuk disiplin siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Sintang. Adapun masalah yang dihadapi guru adalah membentuk disiplin siswa dalam mewujudkan kepemimpinan pancasila. Adapun pemabahasan yang akan dikembangkan adalah perwujudan kepemimpinan Pancasila oleh guru PKn untuk membentuk disiplin siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Sintang dengan mengunakan metode diskriptif untuk memecahkan masalah yang dihadapi siswa

 

Kata Kunci: Perwujudan Kepemimpinan,  Pancasila, Guru PKn, Membentuk Disiplin


Full Text:

PDF

References


Djuju Sujana, 1996: 25, Peranan Kelurga dalam Lingkungan Masyarakat.

Kaelen. MS. 2014, pendidikan Pancasila, Yogyakarta

Namir, 1988:63, contoh metode Penelitian

Sistem Pendidikan Nasional, UU. No. 20 Tahun 2003.

Peraturan Pemerintah, No. 19 Tahun 2005).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v2i1.197

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 923 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.