PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEMENT DIVISION (STAD) MATERI HAK DAN KEWAJIBAN WARGANEGARA DI KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 2 SINTANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar di Kelas khususnya bagi kelas XII IPA 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah apakah pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarnegaraan) dengan mengunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiement Division) dapat meningkatkan hasilbelajar siswa di Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Sintang. Adapun masalah yang dihadapi guru adalah siswa kurang memahami materi sistem HakdanKewajibanWarga Negara. Adapun pembahasan yang akan dikembangkan adalah meningkatkan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran PKn (Pendidikan Kewarnegaraan) melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiement Division) yang berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dan keberhasilan siswa untuk menerima materi yang disampaikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Sintang. Kegiatan Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus tindakan. Prosedur pada setiap tindakan ialah : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi.
Â
Kata kunci: Â Hasil Belajar,Pendidikan Kewarganegaraan,Model Kooperatif
Â
Full Text:
PDFReferences
Arikonto, Suharsimi, 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Badeni, 1998. Cooperatif Learning dalam Konteks Pend. IPS Nomor 12 Tahun VI Edisi Juli-Desember
Ibrahim, Muslimin (2000). Pembelajaran Kooperatif, Surabaya University Press
Lie, Anita, (1995). Coperative Learning, Jakarta: Grasindo
Depdiknas (1997) Sumber dan Media Pembelajaran IPS, Pusat Pengembangan Penata Guru IPS dan PMP Malang
Natawidjaja, Rochman, (1985), Cara Belajar Siwa Aktif dan dalam Metode Pembelajaran, Jakarta : Derektorat Jendral Dikdasmen, Depdiknas.
Rusdi, 1998. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menggorganisasi cooperatif Learning
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v2i2.215
Article Metrics
Abstract view : 301 timesPDF - 524 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.