PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEMENT DIVISION (STAD) MATERI HAK DAN KEWAJIBAN WARGANEGARA DI KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 2 SINTANG

Ananias Jeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar di Kelas khususnya bagi kelas XII IPA 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah apakah pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarnegaraan) dengan mengunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiement Division) dapat meningkatkan hasilbelajar siswa di Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Sintang. Adapun masalah yang dihadapi guru adalah siswa kurang memahami materi sistem HakdanKewajibanWarga Negara. Adapun pembahasan yang akan dikembangkan adalah meningkatkan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran PKn (Pendidikan Kewarnegaraan) melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiement Division) yang berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dan keberhasilan siswa untuk menerima materi yang disampaikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Sintang. Kegiatan Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus tindakan. Prosedur pada setiap tindakan ialah : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi.

 

Kata kunci:  Hasil Belajar,Pendidikan Kewarganegaraan,Model Kooperatif

 


Full Text:

PDF

References


Arikonto, Suharsimi, 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Badeni, 1998. Cooperatif Learning dalam Konteks Pend. IPS Nomor 12 Tahun VI Edisi Juli-Desember

Ibrahim, Muslimin (2000). Pembelajaran Kooperatif, Surabaya University Press

Lie, Anita, (1995). Coperative Learning, Jakarta: Grasindo

Depdiknas (1997) Sumber dan Media Pembelajaran IPS, Pusat Pengembangan Penata Guru IPS dan PMP Malang

Natawidjaja, Rochman, (1985), Cara Belajar Siwa Aktif dan dalam Metode Pembelajaran, Jakarta : Derektorat Jendral Dikdasmen, Depdiknas.

Rusdi, 1998. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menggorganisasi cooperatif Learning




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v2i2.215

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 524 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.