PENDIDIKAN NILAI KEHIDUPAN MELALUI KEBIASAAN DAN KETELADANAN SEBAGAI STRATEGI PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA

Yohanes Berkhmas Mulyadi

Abstract


Tulisan ini bertujuan menanamkan nilai-nilai kehidupan pada siswa melalui kebiasaan dan keteladanan supaya terjadi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian yang baik. Proses pendidikan nilai kehidupan diarahkan pada pengembangan kemampuan  kognitif, afektif dan psikomotor.Metode yang digunakan adalah metode menasehati, metode serba membiarkan, metode model dan metode kebebasan dan kesempatan menyampaikan tanggapan, perasaan, penilaian. Model kebiasaan yang diutamakan adalah kebiasaan baik yang dilakukan orang tua di rumah dan para guru di sekolah dan keteladanan yang bisa diandalkan adalah perilaku guru sebagaimana diungkapkan Ki Hajar Dewantara dalam semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani. Semboyan ini sangat membantu siswa dalam mewujudkan jati diri sekaligus dapat mengembangkan unsur-unsur kepribadian siswa seperti pengetahuan atau pengenalan (kognitif), perasaan dan emosi (afekti), kemauan atau kehendak (konasi) dan campuran (kombinasi).

 

Kata Kunci : Pendidikan Nilai Kehidupan, Kepribadian


Full Text:

PDF

References


Elias, J. L. 1989. Moral education: secular and religious. Florida: Publishing Co., Inc.

Gunarsa. 2008.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Jakarta: BPK.Gunung Mulia.

Hawari. 1997.Alquran, Ilmu kedokteran Jiwa dan Kesehatan Mental.Jakarta :Dana Bhakti Yasa.

Hersh, R.H., Miller, J.P. & Fielding, G.D. 1980. Model of Moral Education: an Appraisal.New York: Longman, Inc.

Hurlock, E.1996. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Alih Bahasa : Istiwidayanti dan Soejarwo. Jakarta : Erlangga.

Kartono,K.2010. Kenakalan Remaja Patologi Sosial 2. Jakarta :Raja Grafindo Persada.

Mussen.1994.Perkembangan dan Kepribadian Anak . (terjemahan). Edisi Enam. Jakarta :Arcan.

Mustamin dkk. 2007. Orientasi Baru Pendidikan Nilai. Makalah yang disajikan padaseminar PPs UNJ.

Sumanto. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Suryabrata, S.2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutirna. 2013.Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi Offset

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang sistem PendidikanNasional Indonesia.

Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.

Waruwu, F. 2010. Membangun Budaya Berbasis Nilai. Panduan Pelatihan Bagi Trainer. Jakarta: Grasind




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v2i2.216

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 2586 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.