UPAYA MENINGKATKAN KWALITAS PEMBELAJARAN PKN PADA SEKOLAH BINAAN MELALUI METODE KOLABORATIF SUPERDISKON

Yakobus Suwandi

Abstract


Data guru di SMP Negeri 1 Kayan Hulu menunjukkan bahwa walaupun guru dalam rencana pembelajarannya sudah menuliskan berbagai teknik, metode dan model pembelajaran, kenyataannya dalam pembelajaran guru masih dominan dalam kegiatan di kelas. Untuk itulah diperlukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penerapan pembelajaran  kolaboratif. Gaya supervisi lama yang kaku dan keterbatasan waktu menuntut pengawas untuk kreatif dan inovatif agar dapat melaksanakan tugas pendampingan, pembinaan pemantauan dan penilaian terhadap guru. Pendampingan guru dalam penguasaan dan penggunaan pembelajaran Kolaboratif dengan SUPERDISKON  (Supervisi, Diskusi dan Konsultasi) dirasakan efektif dan efisien dalam pencapaian tujuannya. Pendampingan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 1 Kayan Hulu, dalam Penerapan Pendekatan Kolaboratif sehingga menjadi pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Dengan demikian jika Pengawas Sekolah melakukan kegiatan pendampingan dengan mengganti supervisi kelas dengan supervisi inovatif, dilanjutkan dengan diskusi dan memberikan ruang kepada guru untuk konsultasi dengan berbagai cara baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan memanfaatkan media komunikasi yang ada akan cepat meningkatkan kemampuan guru dalam penguasaan pembelajaran Kolaboratif dan pengembangan Pembelajaran Kolaboratif. SUPERDISKON (Supervisi Diskusi Konsultasi) ini  membantu mengatasi tugas kepengawasan sehingga lebih tuntas dan tentu lebih berkualitas.

 

Kata Kunci : Kwalitas, Pembelajaran Pkn , Kolaboratif Superdiskon.

 


Full Text:

PDF

References


Acheson, K. A., & Gall, M. D. 1997. Techniques in the Clinical Supervision of the Teachers: Preservice and Inservice Applications (4th ed.). White Palins, NY: Longman.

Cullen,Jack., Len D’Innocenzo (terjemahan). 2004. Memaksimalkan Kinerja. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Glickman, C.D 1995. Supervision of Instruction. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Johnson, David W, Rohnson Holubec. 2010. Collaborative Learning. Strategi pembelajaran untuk Sukses Bersama. Bandung : Penerbit Nusa Media.

-------- 2007. Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses.

--------- 2012 Supervisi Akademik : Bahan ajar Diklat Supervisi Pengawas Sekolah . Jakarta: P2TK Kemdikbud




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v3i2.254

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.