PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA INFORMASI DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

Sari Mellina Tobing

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pemanfaatan internet sebagai media informasi dalam kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah pendidikan pancasila. Penelitian ini menggunakan metodeyang bersumber dari buku atau yang biasa disebut kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah identifikasi wacana dari buku-buku, makalah, artikel, jurnal,majalah, web (internet) ataupun informasi lainnya.Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten.Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan internet sebagai media informasi dalam kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah Pendidikan Pancasila adalah  dapat meningkatkan proses belajar mengajar baik mahasiswa maupun tenaga pendidik. Dikarenakan media internet lebih mudah untuk di akses dan di mengerti sehingga belajar menjadi lebih inovatif , modern dan cepat.Selain pengetahuan tersebut, dalam mata kuliah Pancasila juga menekankan kesadaran akan adanya nilai moral dan etika. Kesadaran ini tidak dapat sekedar ditransfer melalui media informasi tetapi juga harus melalui diskusi tatap muka.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan Internet, Media Informasi, Belajar Mengajar

 


Full Text:

PDF

References


Isdhana, Farrah, (2011). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKn FIS UNNES. Semarang : Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang,2011

Jalinus Nizwardi Dr,Ambiyar Dr,(2016), Media dan sumber pembelajaran,Jakarta; kencana.

Munir, (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Warsita, Bambang, (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Murdiono Mukhamad. 2010. Pelatihan Penggunaan Internet Sebagai Media Penelusuran Sumber Pustaka Bagi Guru-Guru Pendidikan Kewarganegaraan Se-Kota Yogyakarta. Jurnal Inotek LPM.UNY. Vol 14 No 1 https://journal.uny.ac.id/index.php/inotek/article/view/2283/1887 (diakses 20 Maret 2019

Rusman Dr,M.Pd, (2017),Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta;Kencana




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v4i1.376

Article Metrics

Abstract view : 6864 times
PDF - 16526 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.