IMPLEMENTASI NILAI LUHUR PANCASILA MELALUI KEGIATAN BAKTI MAHASISWA UNTUK MEMPERKUAT KOMITMEN KEBANGSAAN PADA GENERASI MILENIAL

Mardawani Mardawani, Linda Veronika

Abstract


Artikel ini ditulis berdasarkan hasil kajian penelitian yang dilaksanakan oleh tim peneliti pada generasi milenial di Kabupaten Sintang. Tujuan penelitian adalah mengetahui implementasi nilai luhur Pancasila melalui kegiatan bakti mahasiswa untuk memperkuat komitmen kebangsaan pada generasi milenial. Metode yang digunakan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan 3 hal sebagai berikut: 1) nilai-nilai luhur yang terkandung pada setiap sila-sila Pancasila yang dapat memperkuat komitmen kebangsaan pada generasi milenial yakni  negara: didirikan sebagai pengejawantahan tujuan manusia sebagai makhluk Tuhan, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, penjelmaan sifat dan kodrat manusia monodualis, nilai demokratis, dan tujuan negara sebagai tujuan hidup bersama; 2) pelaksanaan bakti mahasiswa dalam upaya memperkuat komitmen kebangsaan generasi milenial oleh mahasiswa dilaksanakan secara terprogram dua kali pertemuan per satu bulan dengan sekolah-sekolah SMA-SMK secara bergiliran; 3). proses transfer nilai luhur Pancasila melalui kegiatan bakti mahasiswa untuk memperkuat komitmen kebangsaan pada generasi milenial melalui kegiatan intrakurikuler yakni dalam proses pembelajaran di kelas dan ektrakurikuler diluar kelas seperti kegiatan pramuka, olahraga, upacara bendera dan kegiatan pembinaan karakter kebangsaan.

 

Kata Kunci: Nilai Luhur Pancasila, Bakti Mahasiswa, Komitmen Kebangsaan, Generasi Milenial.

 


Full Text:

PDF

References


Pancasila di PerguruanTinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Perdana.

Asmaroini, Ambiro Puji. 2017. Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 1 (2) : 53-59.

Direktorat Pembinaan SMA. 2010. Juknis Penyusunan Program Pengembangan Diri Melalui Ekstrakurikuler di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Kaelan. 2014. PendidikanPancasila. Yogyakarta : Paradigma.

Lestari, P dan Sukanti 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ekstrakurikuler, Dan Hidden curriculum. Jurnal tersedia pada: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/viewFile/1367/1245

Mardawani & Lusiana. 2018. Peran Mahasiswa Dalam Upaya Membentuk Generasi Muda Berkarakter Melalui Pendekatan Humanis Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak Di Desa Telaga II. Jurnal PEKAN Vol. 3, No. 1. 2018.

Panjaitan, Poppy & Prasetya, A. 2017. Pengaruh Sosial Media Terhadap Produktivitas Kerja Generasi Millenial. Jurnal administrasi bisnis (JAB) Vol. 48 No.1 Juli 2017.

Rahmat, Pupu Saeful. 2009. Penelitian Kualitatif. Jurna lPenelitian. 5 (9): 2.

Sugiyarto, Wahid. 2013. Radikalisme dan Komitmen Kebangsaan. Jurnal Multikultural & Multireligius Vol 12. No. 1. 2013

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2014. Teori dan Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Buku Seru.

Suyahman. 2014. Aktualisasi Nilai Karakter Dwi Satya, Dwi Darma, Try Satya, dan Dasa Darma Melalui Permainan Dalam Gerakan Pramuka. Jurnal Pendidikan. 23 (1) : 22.

Suryana, Yana. 2017. Pegangan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTS VIII semester 2. Klaten: Intan Pariwara

Noor Yanti, Rabiatul Adawiah, Harpani Matnuh. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, Nomor 11,Mei 2016




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v4i2.553

Article Metrics

Abstract view : 1600 times
PDF - 4779 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.