TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA SEMUNTAI PADA TAHUN 2014 SEBAGAI IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014

Septha Suseka, Salim Hidayanto

Abstract


Judul penelitian ini adalah “Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Desa Semuntai pada tahun 2014 sebagai Implementasi Undang-undang Nomor 6 tahun 2014”. Alasan peneliti mengangkat judul ini untuk mengetahui tingkat partisipasi politik masyarakat Desa Semuntai Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang pada tahun 2014, faktor pendorong dan penghambat masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan kepala Desa Semuntai Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang tahun 2014. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Kepala Desa Semuntai, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat masyarakat berpartisipasi pada pemilihan Kepala Desa Semuntai tahun 2014. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dan bentuk penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) partisipasi masyarakat dalam pemilihan Kepala Desa Semuntai pada tahun 2014 masih rendah, 2) faktor pendukung masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan Kepala Desa Semuntai yaitu ingin menjadikan Desa yang mandiri, maju dan sejahtera, faktor penghambat kurangnya pemahaman pemilih terhadap pentingnya menggunakan hak pilih sehingga lebih memilih apatis, kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap calon Kepala Desa.

Kata Kunci: Partisipasi Politik, Masyarakat dan Pemilihan Kepala Desa.


Full Text:

PDF

References


Aryani. D. M. 2014. “Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilu Presiden. Journal. Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda. Volume 3, Nomor 2.

Kumolo, Tjahjo. 2015. Politik Hukum Pilkada Serentak. Jakarta :PT Mizan Publika.

Maulina. P. S. 2014. “Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilu Legislatif.

Dapil 2 Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Juornal Administrasi Negara, Volume 3, Nomor 1.

Moleong. Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2012.MetodePenelitianKuantitatifKualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik. Istiari. 2013. “Peran Pemuka Pendapat dalam Meningkatkan Partisipasi Pilkades di Desa Prangat Selatan tahun 2013. Juornal Ilmu Komunikasi, Volume 1, Nomor 4.

Undang-undang Nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilihan umum.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v4i2.556

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 274 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.