PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DIKELAS DI SDN 06 DEDAI KABUPATEN SINTANG
Abstract
Abstrak
Â
Peningkatan mutu pembelajaran disekolah sangat tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang sangat penting antara lain adalah penerapan budaya sekolah kearah peningkatan mutu. Budaya sekolah merupakan hal yang positif yang harus dipertahankan dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah tanpa merasa terpaksa. Budaya sekolah yang harus dipertahankan salah satunya adalah masalah kedisiplinan, termasuk disiplin para guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SDN 06 Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.
Â
Kata Kunci: Disiplin Guru, Reward and Punishment.
Â
Full Text:
PDFReferences
Prinsip dan Asas Pengembangan Budaya Sekolah. Jakarta: Gahli Indonesia.
Amstrong. Michael, (1991). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakrta:Ghalia Indonesia.
Anwar Prabu Mangkunegara. (1994). Psikologi Perusahaan. Bandung:PT. Trigenda Karya
__ (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Alfabeta
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003.
Megawangi, Ratna. (2007). Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik
Berbasis Karakter. Jakarta:Indonesian Heritage Foundation
Asmaroini, Ambiro Puji. 2017. Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 1 (2) : 53-59.
Subagio. (2010) Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Apitul langga.
Syamsul Hadi, (2009). Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan padaSosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.711
Article Metrics
Abstract view : 340 timesPDF - 469 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.