PELAKSANAAN LITERASI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 10 KERAPA SEPAN KECAMATAN KAYAN HILIR KABUPATEN SINTANG

Patrisiana Patrisiana, Daniel Dike, Dwi Cahyadi Wibowo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan literasi lingkungan di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang, yang memuat tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi literasi lingkungan sekolah di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang dan cara penguatan literasi lingkungan di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi, teknik observasi dan teknik komunikasi secara langsung. Alat pengumpulan data seperti dokumen, lembar observasi dan lembar wawancara. Ada pun hasil analisis penelitian ditemukan bahwa masih kurangnya sikap peduli siswa terhadap masalah-masalah lingkungan dan guru-guru tidak ada yang berlatarbelakangkan pendidikan literasi lingkungan serta masih kekurangan tenaga pendidik dan kekurangan dana untuk membangun sekolah dengan program adiwiyata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa literasi lingkungan di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang  sudah dilaksanakan hanya saja belum terprogram secara khusus menggunakan program sekolah adiwiyata serta penguatan literasi lingkungan dalam hal ini pun sudah dilaksanakan dan sekolah sudah mulai merintis cara-cara untuk memberikan penguatan literasi lingkungan kepada siswa.

 

Kata Kunci: Literasi Lingkungan


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. 2016. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Apriliani. T. 2019. “Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP Negeri Pada Sekolah Adiwiyata Dan Non-Adiwiyata Se-Tangerang Selatanâ€. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah Jakarta.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmojo. M. dkk. 2016. Hubungan Pemahaman Materi Hak Asasi Manusia Dengan Perilaku Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal ppkn. Vol. 4.No. 1. 2016.

Desmawati, 2018. Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Metode Aoutdoor Study Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas IV Sekolah Dasar. Artikel Ilmiah. Fkip Universitas Jambi. 2018.

Kusumanigrum. D. 2018. Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. Idonesia Jurnal of Natural Science Education. Vol. 1.No. 2. 2018.

Lestari. A. dkk. 2016. Pengaruh Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Sub Materi Budaya Demokrasi Di Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Pinoh Tahun Pelajaran 2015/2016. .Voc Edukasi. Vol. 7.No. 1. 2016.

Pradini. dkk. 2018. Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SDN Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal green growh dan manajemen lingkungan.Vol. 7.No. 2. 2018.

Rahmah. S. dkk. 2019. Analisis Buku Ajar IPA SMP Kelas VIII Berdasarkan Pada Literasi Lingkungan. Pillar Of Physics Education. Vol. 12, No. 3, 2019.

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Sulaiman. 2014. Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dikelas IV SD Nunggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar. Vol.2. No. 3. 2014.

Wibowo, Dwi Cahyadi; Deta, Yuliana; Dores, Olenggius Jiran. 2020. ‘Efektivitas Belajar Dari Rumah Di Tengah Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6.2 (2020), 228–41.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v5i2.939

Article Metrics

Abstract view : 610 times
PDF - 1110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.