The meta-analysis study of SAVI learning model on student’s cognitive aspects in biology learning
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Literasi, 9(1) 37-50. Retrieved from https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720/993
Fitriyani., Suwatra, I. I. W., & Kusmariyatni, N. (2015). Pengaruh model SAVI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5682/4136
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1) 90-96. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf
Husita, D. (2014). Penerapan metode kooperatif tipe SAVI (Somatic Auditory Visual and Intellectual) animasi komputasi sederhana untuk meningkatkan ketuntasan belajar Kimia pada Materi Ikatan Kimia siswa kelas X-6MAN Rukoh Kota Banda Aceh. Lantanida Journal, 2(2) 185-201. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1410/1029
Kadir. (2017). Meta-Analysis of the effect of learning intervention toward mathematical thinking on research and publication of student. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4(2) 162-175. Retrieved from https://Users/AC/Downloads/8010-22893-1-PB.pdf
Kusumaningrum, G. (2018). Metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis Pisa pada konten change and relationship. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kusumawati, S. W., & Gunansyah, G. (2013). Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah di Sekolah Dasar. JPGSD, 2(2) 1-10. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/251788-penerapan-model-pembelajaran-savi-untuk-9ba432e7.pdf
Nisak, F., & Septiani, T. (2019). Metaanalisis implementasi landasan ilmu pendidikan dalam pengembangan modul pada pembelajaran IPA dan Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1) 1-8. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/107415/102856
Nuryati & Darsinah. (2021). Implementasi teori perkembangan kognitif Jean Piaget dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 3(2) 153-162. Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/1186/679
Peraturan Perundangan-Undangan. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
PISA. (2015). Results in focus. Paris: OECD. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015- results-in-focus.pdf
Puspitasari. A., Hermahayu., & Purnanto, A.W. (2018). Pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visualization, intellectual) dengan media hide and seek puzzle terhadap hasil belajar IPA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 10(2) 137-147. Retrieved from https://journal.unimma.ac.id/index.php/edukasi/article/view/2545/1387
Putri, G.M., Panjaitan, R.L., & Sujana, A. (2017). Penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya mempengaruhi gerak dan bentuk benda. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1) 361-370. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10671/6581
Prabowo, C. A., & Widodo, W. (2018). Mengukur tingkat perkembangan kognitif siswa sekolah dasar dalam bidang sains menggunakan tes kemampuan penalaran ilmiah. Proceeding Biology Education Conference, 15(1) 69-73. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/27686/19108
Suherlin., Bardi, S., & Taher, A. (2017). Penerapan model pembelajaran mind mappingberbantuan media gambar pada mata pelajaran IPS terpadu untuk meningkatkanhasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(3) 122-131. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/geografi/article/view/5379/2239
Sulaksana, Y. T., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) berbantuan LKS terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(3) 180-188. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/19346/11442
Sutarna, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic auditory visual intellectualy) terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. JPPD, 5(2) 119-126. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6068/4271
Taneo, P. N. L. (2016). Pembelajaran model SAVI berpendekatan kontektual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1) 14-19. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/77/54
Utami, P. (2019). Meta-analisis penggunaan model kooperatif dalam pembelajaran biologi. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Wijayanti, T. F., Prayitno, B. A., & Marjono. (2013). Pengaruh pendekatan SAVI melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1) 1-14. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/bio/article/view/5612/4986
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v7i1.1550
Article Metrics
Abstract view : 210 timesPDF - 184 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.