PENGARUH MODEL READING QUESTIONING ANSWERING (RQA) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Defvia Ayu Lashari, Yasinta Lisa, Hendrikus Julung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) terhadap kemampuan metakognitif siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Satu Atap Sintang pada materi Sistem pernapasan manusia. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas “model pembelajaran Reading Questioning Answering (RQA)” dan variabel terikat “kemampuan Metakognitif”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu Quasi-eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil analisis data observasi guru di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan persentase 100%, berkriteria sangat baik, sedangkan data observasi siswa pada kelas eksperimen dengan persentase rata-rata 100% berkriteria sangat baik. Berdasarkan perhitungan kemampuan metakognitif siswa diperoleh nilai rata-rata pretest 39,00 untuk kelas eksperimen dan 48,32 untuk kelas kontrol serta nilai rata-rata posttest 79,68 untuk kelas eksperimen dan 64,04 untuk kelas kontrol. Analisis data menggunakan program SPSS Statistics 20 dengan jumlah siswa 28 orang kelas eksperimen dan 28 orang kelas kontrol diperoleh hasil pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan pada hasil uji hipotesis posttest diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 dengan nilai α = 0,05. Hal ini berarti nilai sig. (2-tailed) ˂ α (0,000 ˂ 0,05) maka H1 diterima. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan metakognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di kelas VIII SMP Negeri 6 Satu Atap Sintang pada materi sistem pernapasan manusia. Hasil angket respon siswa dengan rata-rata 88,20% (sangat kuat).

Full Text:

PDF

References


Amin, A M dan Corebima, A.D. (2016). Analisis Persepsi Dosen Terhadap Strategi Pembelajaran Rading Questioning Answering (RQA) dan Argument Driven Inquery (ADI) Pada Program Studi Pendidikan Biologi di Kota Makassar.

Brasilita, Yuli, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran SIMAS ERIC pada Jenis Kelamin Berbeda terhadap Keterampilan Metagoknitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMAN 6 Malang.Universitas Negeri Malang.

Fauzi, A. (2013). Pengaruh Kemampuan Akademik Terhadap Keterampilan Metakognif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Script di Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Haerullah, A dan Usman, F H. (2013). Pengaruh Penerapan Model RQA Terhadap Pengetahuan Metakognitif Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal BIOedukasi. 2(1). ISSN. 2301-4678.

Hasanuddin. (2012). Implementasi Pembelajaran RQA di Padu TPS Melaui Lissen Study Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi. 4(1).

Kemendikbud. (2003). UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pertiwi P dan Sugiyanto.( 2006). Efektivitas Permainan Konstruktif-Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi. 34(2). ISSN. 0215-8884.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.222

Article Metrics

Abstract view : 996 times
PDF - 623 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.