PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI CARA MAKHLUK HIDUP MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGANNYA

Jimi Jimi, Florentina Wahyuni, Yasinta Lisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning  (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pada materi mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya siswa kelas VB SD Negeri 03 Ranyai Hilir. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil uji hipotesis post-angket pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung (8,75) > ttabel (2,032), artinya terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada post-angket. Hasil uji hipotesis post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung (6,219) > ttabel (2,032), artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dipengukuran akhir.


Full Text:

PDF

References


Johnson, E. B. (2014). CTL Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung. Kaifa.

Mudyahardjo, R. (2008). Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Oktaviansa, A. W. dan Yunus. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Sidoarjo”. JPTM, Volume 02. No. 01 Hal 34 – 43.

Rusman. (2013). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Setyaningsih, R. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pesawat Sederhana pada Siswa Kelas V SDN 3 Selakambang Kabupaten Purbalingga”.skripsi tidak diterbitkan. Semarang:: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Shoimin, A. (2014).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Tirtarahardja, U. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.237

Article Metrics

Abstract view : 357 times
PDF - 291 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.