PENERAPAN MODEL SQ3R DAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA

Pitriyani Pitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan penerapan model pembelajaran Model SQ3R dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA . Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan desain counterbalace desings dalam quasi-eksperiment dan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Satu Atap Sepauk Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 42 siswa. Pengambilan Sampel dengan teknik Sampling Purposive dimana Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II. Pengambilan data dengan observasi langsung (lembar observasi), teknik pengukuran (Soal tes) dan komunikasi tidak langsung (angket). Hasil analisis observasi guru di kelas eksperimen I menggunakan Model SQ3R dan eksperimen II menggunakan model Make A Match presentasi 100%, berkri teria sangat baik, sedangkan analisis observasi siswa berkriteria sangat baik dengan presentasi rata-rata 97,63% di kelas ekperimen I dan 96,16% di kelas ekperimen II. Berdasarkan hasil uji hipotesiskelas eksperimen I dan kelas eksperimen II menggunakan Program SPSS 20 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan lebih dari α(0,05) (0,023<0,05), sehingga disimpulankan terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen I yang menggunakan model SQ3R dengan kelas eksperimen II pada materi rangka manusia. hasil analisis angket respon berkriteria baik dengan presentasi rata-rata 93% di kelas yang menggunakan model SQ3R dan 91,36% kelas yang menggunakan model make a match.

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. ( 2008). Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep, J dan Abdul, H. (2013). Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: multi Pressindo.

Devi, dkk (2013). Pengaruh penerapan metode survey, question, read, recite, and review(SQ3R) terhadap pemaham konsep matematika siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang Tahun Pelajaran 20012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatra Barat.

Effendi, R (2016). Model pemebalajaran SQ3R untuk mrngermbangkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika 1(2).

Huda, Miftahul. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka Pelajar

Mikran, dkk (2013). Penerapan metode pembelajaran kooperatif make a match untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Tomini pada konsep gerak. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. 2(2).

Sri, W dan Djumadi (2012). Peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pada kelas IX F SMP Negeri 2 Kartasura. Jurnal FKIP Pendidikan Biologi.

Sudjana, N (2017). Penilain Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ulsana, dkk (2016). Penerapan metodesurvey, question, read, recite, and review(SQ3R) dengan media cetak untuk meningkatkan ketrampilan membaca iintensif siswa pada kelas IV SDN Tanjungmeru Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal FKIP UNS.

Vellariani, dkk (2012). Peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran biologi melalui penerapan strategi SQ3R pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS 4(2)




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i1.261

Article Metrics

Abstract view : 359 times
PDF - 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.