PENGARUH METODE GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni quasy eksperimental design yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung, alat pengumpulan data berupa lembar observasi, soal tes, dan angket. setelah dilakukan analisis diketahui bahwa metode guided note taking berbantuan media gambar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan data pretest dan posttest kelas eksperimen yang dihitung menggunakan spss 23.0 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan hal ini kurang dari 0,025 (0,000 ˂ 0,025) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan H0 ditolak, hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia.
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. A. Gede. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja:Undiksha.
Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anwar, M. S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Lesson Studi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas VIII SMP Negeri 1 Ketungau Tengah ”.Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Aprizaiyanti, R. (2017) “Penerapan model Discovery StrategyTerhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Di Kelas Viii SmpNegeri 4 Sayan”. Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakmatik. Yogyakarta:Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Karim, S. dkk. (2008). IPA Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta, Bumi Aksara.
Hasanah, Z. (2015). “Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Belimbing pada Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup ”.Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v3i1.263
Article Metrics
Abstract view : 1212 timesPDF - 1057 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.