EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA

Marselina Patimapat, Hilarius Jago Duda, Markus Iyus Supiandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing melalui Metode Demostrasi terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu quasi-eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes untuk kerja, dan angket. Hasil analisis lembar observasi guru pertemuan pertama dan kedua diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 100%, yang berkriteria sangat baik, sedangkan analisis lembar observasi siswa pada pertemuan pertama dan kedua diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 95,40% yang berkriteria sangat baik. Hasil analisis nilai Effect Size (ES) diperoleh nilai sebesar 0,7 dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui metode demostrasi cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa. Berdasarkan pengolahan data angket respon siswa diperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 86,03% dengan kategori sangat kuat.


Full Text:

PDF

References


Arikunto S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Duda, H.J., & Susilo, H. (2018). Science process skill development: potential of practicum through problems based learning and authentic assessment. Anatolian Journal of Education, 3 (1): 51-60.

Gustiah. (2018). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub materi reaksi pengendapan di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Haroni. (2016). Efektivitas model pembelajaran cooperatif tipe studen facilitator and explaining terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas VII SMPN 6 Kayan Hulu pada materi mikroskop. Skripsi tidak diterbitkan. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa. Tidak diterbitkan.

Ikhsan, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ditinjau dari keterampilan observasi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Mataramtahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 2 No. 2.

Komilaini. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 7 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3, No 2.

Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2): 15-19.

Novitasari, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi fotosintesis kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 8(1): 91-104.

Sudjana, N. (2016). Penilaian proses hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja rosdakarya.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.366

Article Metrics

Abstract view : 1603 times
PDF - 1340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.