PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 LUBUKLINGGAU

Sepriyaningsih Sepriyaningsih, Dian Samitra, Meti Yunita

Abstract


Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis dengan salah satu guru mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau diperoleh data bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi biologi masih rendah. Hal itu disebabkan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model-model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa untuk mempelajari pelajaran biologi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Control group pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis uji-t pada taraf signifikan = 0,05, diperoleh thitung (8,43) > ttabel (1,684). Dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas X biologi SMA Negeri 8 Lubuklinggau tahun ajaran 2016/2017.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Erdriani, D. (2014). Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe teams assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 5 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Kedokteran Volume 1 Nomor 2 Desember 2014.

Halih, M. (2016). Pengaruh pembelajaran TAI (team assisted individualization) terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Buana Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2016.

Isa, M., Kaldun, I., dan Halim, A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kritis siswa pada materi hidrokarbon. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2): 213-233, Desember 2017.

Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2): 15-19.

Reflianto, A., Bustami, Y., & Syafruddin, D. (2019). Efektivitas metode sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education (AIJBE), 2(1): 1-6.

Sanjaya. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tilyani. (2010). Penerapan model pembelajaran cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.368

Article Metrics

Abstract view : 581 times
PDF - 510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.