PENGARUH MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA BIOLOGI SMA N 5 LUBUKLINGGAU
Abstract
Model pembelajaran AIR menekankan tiga aspek, yaitu Auditory (belajar dengan mendengar), Intellectualy (belajar dengan berfikir), dan Repetition (pengulangan) agar belajar menjadi efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kognitif Siswa XI.IPA SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni dengan desain penelitian berbentuk pre-test dan post-test control group design. Sampel penelitian kelas XI.IPA.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPA.3 sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata pre-test dan pos-test kelas eksperimen adalah 55,25 dan 87,75. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan pos-test kelas kontrol adalah 55,41 dan 73,44. Analisis dengan uji-t didapat thitung (6,947) > ttabel (2,000) untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 46, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima terbukti bahwa ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar biologi siswa XI.IPA SMA Negeri 5 Lubuklinggau.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniasih, I. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran. Jakarta: Kata Penda.
Rosmaini S., Irda S., & Mulyani R. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif CRH. Jurnal Biogenesis. Vol. 8, Nomor 2, Februari 2012.
Prasetya, R. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe auditory, intellectually, repetation (AIR) untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi. E-journal Pendidikan Elektro, Volume 5 Nomor 02.
Sardiman. (2014).Interaksi dan motivasi dalam proses belajar mengajar . Jakarta: Grafindo Persada
Siagaan. (2011). Pembelajaran dan belajar. Jakarta: Bulan Bintang.
Sudjiono, A. (2005). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sutiyani, I., Sukaesih, S., & Mustikaningtyas, D. (2017). Applying auditory intellectually repetation (AIR) model in cell material for studen result biology departement, mathematics and natural science faculty, Universitas Negeri Semarang. Journal of Biology Education Volume 6 Nomor 2.
Wedyawati, N., & Lisa, N. (2017). Developing integreted natural sciences disaster mitigation model for elementary school sintang. Journal of Education and Technology Volume 3 Nomor 2.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.369
Article Metrics
Abstract view : 692 timesPDF - 510 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.