PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PADA SISTEM PENCERNAAN

Auva Rusyda Zakia, Refirman Djamahar, Rusdi Rusdi

Abstract


PBL adalah pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks pembelajaran, sementara E-Learning adalah kegiatan pembelajaran yang memungkinkanya tercapai bahan ajar ke peserta didik dengan menggunakan media internet, salah satunya dengan social media LINE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL menggunakan social media E-Learning terhadap hasil belajar Sistem Pencernaan. Penelitian dilakukan pada November 2018 di SMPIT Asy-syukriyyah, Tangerang, dimana dua kelompok masing-masing memiliki sampel 25 peserta didik yang dipilih secara simple random sampling. Rancangan perlakuan adalah  non-equivalent control group design. Hasil uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis mendapatkan thitung sebesar 2.57 yang lebih besar dari ttabel sebesar 2.44, maka Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh PBL menggunakan social media E-Learning terhadap hasil belajar Sistem Pencernaan. Hasil terlihat pada selisih rata-rata kelas eksperimen lebih besar 7.88.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh PBL menggunakan  social media E-Learning terhadap hasil belajar Sistem Pencernaan peserta didik SMP.

Full Text:

PDF

References


Azrai, E. P., Ernawati, E., & Sulistianingrum, G. (2017). Pengaruh gaya belajar david kolb (diverger, assimilator, converger, accomodator) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 9–16.

Corebima, A. D. (2016). Pembelajaran biologi di indonesia bukan untuk hidup. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 8–22.

Dabbagh, N., & Kitsantas, A. (2012). Internet and higher education personal learning environments , social media, and self-regulated learning : A natural formula for connecting formal and informal learning. The Internet and Higher Education, 15(1), 3–8. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2011.06.002.

Djamahar, R., Ristanto, R. H., Sartono, N., Ichsan, I. Z., & Muhlisin, A. (2018). Cirsa: Designing instructional kits to empower 21st century skill. Educational Process: International Journal, 7(3), 200-208.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Internet and higher education mobile computing devices in higher education : Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Journal of Internet and Higher Education, 19(5), 18–26.

Groen, J., Tworek, J., & Soos-gonczol, M. (2008). The effective use of synchronous classes within an online graduate program : Building upon an interdependent system. International Journal on E-Learning, 7(5), 245–263.

Gurpinar, E., Zayim, N., Ozenci, C. C., & Alimoglu, M. K. (2009). First report about an E-Learning application supporting PBL: Students’ usages, satisfactions, and achievements. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 8(2), 53–61.

Hartley, D. E. (2001). Selling E-Learning. American Society for Training & Development.

Husamah. (2014). Pembelajaran bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Jaya.

Ibezim, N. E. (2013). Technologies needed for sustainable E-learning in university education. Modern Economy, 4(10), 633–638.

Kamp, S. (2016). Digital in 2016 : We are social’s compendium of global digital, social, and mobile data trends and statistics. Singapore.

Karmana, I. W. (2011). Strategi pembelajaran, kemampuan akademik, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(5), 378–386.

King, S., Greidanus, E., Carbonaro, M., Drummond, J., Boechler, P., & Kahlke, R. (2010). Synchronous problem-based E-learning ( E-PBL ) in interprofessional health science education. Journal of Interactive Online Learning, 9(2), 133–150.

Kratochvil, J. (2013). Evaluation of E-learning course , information literacy, for medical students. The Electronic Library, 31(1), 55–69. https://doi.org/10.1108/02640471311299137.

Mayasari, R., & Adawiyah, R. (2015). Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 255–262

Nisa, A., Djamahar, R., & Evriyani, D. (2015). Effect of application of ular tangga game media on cognitive learning result of human reproductive system. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 20-26.

Pratama, A. T. (2018). Improving metacognitive skills using problem based learning (PBL) at natural science of primary school in Deli Serdang, Indonesia. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 100–105. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v11n2.101-107

Rohmah, E., Djamahar, R., & Rahayu, S. (2015). Relationship between knowledge of menstruation with the female teenage readiness in facing menarche. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 1-9.

Rosamsi, S., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2019). Interactive multimedia effectiveness in improving cell concept mastery. Journal of Biology Education, 8(1), 56-61.

Ristanto, R. H. (2011). Pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing dengan multimedia dan lingkungan riil terhadap prestasi belajar. Educatio, 6(1), 53-68.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2018). The potential of cooperative integrated reading and composition in biology learning at higher education. International Journal of Educational Research Review, 3(1), 50-56.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2018). From a reader to a scientist: developing cirgi learning to empower scientific literacy and mastery of biology concept. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 90-100.

Lestari, P; Ristanto, R. H., & Miarsyah, M (2019). Metacognitive and conceptual understanding of pteridophytes: Development and validity testing of an integrated assessment tool. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 15-24.

Rotherham, A. J., & Willingham, D. T. (2009). 21st-Century skills the challanges ahead. Educational Leadership, 67(1), 16–21.

Savin-baddan, M. (2007). A practical guide to problem based learning online. United Kingdom: McGrew-Hill Education.

Selvi, S. T., Kaleel, D., & Chinnaiah, V. (2012). Applying problem based learning approach on E-learning system in cloud. In Recent Trends in Information Technology (pp. 244–249).

Seribulan, M. N. M., Rahayu, S., & Isfaeni, H. (2014). Pengembangan pembelajaran berbasis web (E-learning) pada mata kuliah biologi umum. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 1–9.

Sudarman. (2007). Problem based learning : Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68–73.

Sudibjo, A., & Wasis. (2013). Penggunaan media pembelajaran fisika dengan E-learning berbasis edmodo blog education pada materi alat optik untuk meningkatkan respons motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 187–190.

Suhendar, S., & Wahyuni, A. (2018). Achievement and response of students at favorite junior high schools in sukabumi on trends in international mathematics and science study (timss) questions. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 126-133.

Sunarto, W., Sumarni, W., Suci E. (2008). Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran metode think-pair-share dan metode ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1): 244-249

Syabilla, Y. A., Suryanda, A., & Sigit, D. V. (2018). A correlation between self concept and procrastination based on gender in neuroscience perspective. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 114-120.

Taplin, M. (2000). Problem-based learning in distance education : Practitioners â€TM beliefs about an action learning project. Journal of Distance Education, 21(2), 278–299. https://doi.org/10.1080/0158791000210206

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa (siswa kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012 / 2013). Jurnal Edukasi UNEJ, 1(1), 5–9.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.395

Article Metrics

Abstract view : 2769 times
PDF - 2297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.