Peranan Media Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Lintas Minat Biologi

Cita Sari Dewi, Purwati Kuswarini Suprapto, Liah Badriah

Abstract


Program lintas minat yang diterapkan dalam kurikulum 2013 pada kenyataannya belum menghasilkan peningkatan dalam hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sparkol videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik lintas minat pada materi sistem endokrin. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMAS PGRI 43 Singaparna dengan jumlah peserta didik 42 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media sparkol videoscribe dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang  pembelajarannya menggunakan media power point. Insrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 31 soal. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji ANCOVA dengan taraf signifikan 0,05%. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media sparkol videoscribe mampu meningkatkan hasil belajar pesera didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media sparkol videoscribe terhadap hasil belajar dan pada materi sistem endokrin.

 


Full Text:

PDF

References


Aini, A.N., Anggoro, B.S, & Putra, F.G. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika pada materi transportasi berbantuan sparkol. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 287-296. DOI: 10.30738/union.v6i3.2986

Ali, M., & Setiani, D.D. (2018). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur. Jurnal Bioedusiana, 3(2), 59-63. DOI: 10.34289/277895

Azhar, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Davis, D., Beverly, B., & Summers, M. (2015). Applying dale’s cone experience to increase learning and retention: a study of student learning a foundation leadership course. Qsience Proceedings, (6), 2-7.

Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 15-19. DOI: 10.31932/jpbio.v2i2.220

Pamungkas, A.S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I.A.V. (2018). Video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe: Inovasi pada perkuliahan sejarah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-135. DOI: 10.31000/prima.v2i2.705

Rais, M. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia presentasi berbasis prezi dan gaya belajar terhadap kemampuan mengingat konsep. Jurnal Mekom, 2(1),1-5 DOI: 10.26858/mekom.v2i1.2576

Rahmawati, F., Soegimin, W.W., & Kardi, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing berbantuan videoscribe pada materi kalor untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 1 Kedungwangu. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5(2), 1039-1047. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/516

Reflianto, A., Bustami, Y., & Syafruddin, D. (2019). Efektivitas metode sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education (AIJBE), 2(1), 1-6.

Riafadilah, A., & Dewi, L. (2018). Evaluasi implementasi lintas minat dalam kelompok peminatan di SMA/ MA Kecamatan Lembang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 128-133. DOI: 10.21831/jpipfip.v11i2.19831

Riska, F., Syafruddin, D., & Lisa, Y. (2018). Pengaruh metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(1), 26-32. DOI: 10.31932/jpbio.v3i1.263

Riyanto, Arifin, A.S., & Ardiyansyah, B. (2017). Penerapan media karikatur berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada matakuliah genetika mahasiswa biologi kelas-A angkatan 2014-IBU. Edubiotik, 2(2), 18-25. DOI: 10.33503/ebio.v2i02.127

Safitri, M., Parijo, P., & Khosmas, F.Y. (2018). Pelaksanaan pembelajaran lintas minat dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(4), 1-9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25053/75676576317

Sari, E.N., Ridlo, S., & Utami, N.R. (2016).Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di SMA. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1403-1407. DOI: 10.15294/usej.v5i3.13171

Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2010). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Tawil, M., & Liliasari, L. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: UNM.

Titin, T., & Dara, E.N. (2016). Penyusunan perangkat pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 7 (1), 45-56. DOI: 10.26418/jpmipa.v7i1.17344

Wijayanti, P.S. (2018). Pengembangan bahan ajar digital bahasa inggris matematika dengan bantuan videoscribe melalui e-learning. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 147-156. DOI: 10.30738/.v6i2.1566

Yusuf, I., & Widyaningsih, S.W. (2018). Profil kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal HOTS di jurusan pendidikan fisika Universitas Papua. Jurnal Komunikasi Pendidian, 2(1), 42-49. DOI: 10.32585/jkp.v2i1.63

Zakia, A.R., Djamahar, D., & Rusdi. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah menggunakan media sosial e-learning terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pada sistem pencernaan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 21-28. DOI: 10.31932/jpbio.v4i1.395




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.456

Article Metrics

Abstract view : 1379 times
PDF - 1088 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.