Peranan Media Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Lintas Minat Biologi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, A.N., Anggoro, B.S, & Putra, F.G. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika pada materi transportasi berbantuan sparkol. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 287-296. DOI: 10.30738/union.v6i3.2986
Ali, M., & Setiani, D.D. (2018). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur. Jurnal Bioedusiana, 3(2), 59-63. DOI: 10.34289/277895
Azhar, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Davis, D., Beverly, B., & Summers, M. (2015). Applying dale’s cone experience to increase learning and retention: a study of student learning a foundation leadership course. Qsience Proceedings, (6), 2-7.
Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 15-19. DOI: 10.31932/jpbio.v2i2.220
Pamungkas, A.S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I.A.V. (2018). Video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe: Inovasi pada perkuliahan sejarah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-135. DOI: 10.31000/prima.v2i2.705
Rais, M. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia presentasi berbasis prezi dan gaya belajar terhadap kemampuan mengingat konsep. Jurnal Mekom, 2(1),1-5 DOI: 10.26858/mekom.v2i1.2576
Rahmawati, F., Soegimin, W.W., & Kardi, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing berbantuan videoscribe pada materi kalor untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 1 Kedungwangu. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5(2), 1039-1047. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/516
Reflianto, A., Bustami, Y., & Syafruddin, D. (2019). Efektivitas metode sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education (AIJBE), 2(1), 1-6.
Riafadilah, A., & Dewi, L. (2018). Evaluasi implementasi lintas minat dalam kelompok peminatan di SMA/ MA Kecamatan Lembang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 128-133. DOI: 10.21831/jpipfip.v11i2.19831
Riska, F., Syafruddin, D., & Lisa, Y. (2018). Pengaruh metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(1), 26-32. DOI: 10.31932/jpbio.v3i1.263
Riyanto, Arifin, A.S., & Ardiyansyah, B. (2017). Penerapan media karikatur berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada matakuliah genetika mahasiswa biologi kelas-A angkatan 2014-IBU. Edubiotik, 2(2), 18-25. DOI: 10.33503/ebio.v2i02.127
Safitri, M., Parijo, P., & Khosmas, F.Y. (2018). Pelaksanaan pembelajaran lintas minat dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(4), 1-9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25053/75676576317
Sari, E.N., Ridlo, S., & Utami, N.R. (2016).Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di SMA. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1403-1407. DOI: 10.15294/usej.v5i3.13171
Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2010). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Tawil, M., & Liliasari, L. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: UNM.
Titin, T., & Dara, E.N. (2016). Penyusunan perangkat pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 7 (1), 45-56. DOI: 10.26418/jpmipa.v7i1.17344
Wijayanti, P.S. (2018). Pengembangan bahan ajar digital bahasa inggris matematika dengan bantuan videoscribe melalui e-learning. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 147-156. DOI: 10.30738/.v6i2.1566
Yusuf, I., & Widyaningsih, S.W. (2018). Profil kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal HOTS di jurusan pendidikan fisika Universitas Papua. Jurnal Komunikasi Pendidian, 2(1), 42-49. DOI: 10.32585/jkp.v2i1.63
Zakia, A.R., Djamahar, D., & Rusdi. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah menggunakan media sosial e-learning terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pada sistem pencernaan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 21-28. DOI: 10.31932/jpbio.v4i1.395
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.456
Article Metrics
Abstract view : 1379 timesPDF - 1088 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.