Validitas preparat histologi sebagai media pembelajaran submateri pencemaran air

Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Eko Sri Wahyuni, Mutmainnah Mutmainnah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas preparat histologi sebagai media pembelajaran pada submateri pencemaran air kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua tahapan yakni tahapan pembuatan preparat dan validasi  media. Validasi media preparat dilakukan oleh validator, dan instrumen penilaian berupa kuesioner yang terdiri dari aspek tampilan media preparat, ketepatan materi, dan mikroteknik. Hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata total validasi untuk preparat 1.1 sebesar 3,83; preparat 1.2 sebesar 3,83; preparat 2.1 sebesar 3,81; preparat 2.2 sebesar 3,83; preparat 3.1 sebesar 3,85; dan preparat 3.2 sebesar 3,85. Dapat disimpulkan bahwa preparat histologi valid digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri pencemaran air.

Kata kunci: Media pembelajaran, preparat histologi, pencemaran air

 

The validity of microscope slides on sub-materi water pollution as learning media. This research aims to evaluate the validity of microscope slides as learning media on sub-materi water pollution. The research method used is descriptive method with the form of quantitative research. This research consists of two phases: creating and the validation of media microscope slides. Microscope slides media validation was performed by validator. The instrument of assessment is questionnaire which consisting of appearance of media, material accuracy, and microtechniques. The result showed total average of microscope slides 1.1 is 3.83; microscope slides 1.2 is 3.83; microscope slides 2.1 is 3.81; microscope slides 2.2 is 3.83; microscope slides 3.1 is 3.85; and microscope slides 3.2 is 3.85. It is concluded the microscope slides microscope slides are valid as learning media on sub materi water pollution.

Keywords: Instructional media, microscope slides, water pollution



Full Text:

PDF

References


Abidin, A.Z., Budiono, J.D., & Isnawati. (2014). Studi indeks mitosis bawang untuk pembuatan media pembelajaran preparat mitosis. Bioedu, 3(3), 571-579. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/9589

Ahmad, S.N.N., Budiono, J.D., & Pratiwi, P.R. (2013). Pengembangan media preparat jaringan tumbuhan menggunakan pewarna alternatif dari filtrat daun pacar (lawsonia inermis). Bioedu, 2(1), 56-58. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/1544

Baharuddin. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sekolah menengah kejuruan terhadap efektif dan efesiensi pembelajaran. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 115-126. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2118/1253

Deadara, E., Suyanto, S., .& Ciptono. (2017). Pengembangan media pembelajaran sistem reproduksi manusia berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(4), 198-210. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbio/article/view/8104/7711

Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. (2018). Perbandingan Hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di man indrapuri. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1), 50-55. DOI: 10.24815/jipi.v2i1.10729

Enawaty, E., & Sari, H. (2010). Pengaruh Penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas x sma negeri 3 pontianak pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 24-36. DOI: 10.26418/jpmipa.v1i1.163

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/516

Heni, V., Duda, H.J., & Supiandi, M.I. (2017). Penerapan metode student facilitator and explaining berbantuan media peta timbul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 20-26. DOI: 10.31932/jpbio.v2i2.221

Hestianah, E.P., Hidayat, N., & Koesdarto, S. (2010). Pengaruh lama pemberian ekstrak rimpang temu ireng (curcuma aeruginosa roxb.) terhadap gambaran histopatologi hati mencit (mus musculus) jantan. Veterinaria Medika, 3(1), 41-44. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-Isi_8.pdf

Kiernan, J.A. (1990). Histological & histochemical methods. Theory and practice, 2nd edn. Pergamon Press. Canada.

Matsun, Darmawan, H., & Fitriyanti, L. (2019). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash topik bahasan pesawat sederhana kelas viii smp. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 30-40. DOI: 10.26418/jpmipa.v10i1.25861

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19-35. DOI: 10.21831/jep.v8i1.706

Panjaitan R.G.P., Manalu, W., Handharyni, E., & Chairul. (2013). Hepatoprotective activity of eurycoma longifolia jack. roots. Indian Journal of Traditional Knowledge, 12(2), 225-230. http://nopr.niscair.res.in/bitstream/123456789/16865/1/IJTK%2012%282%29%20225-230.pdf

Panjaitan, R.G.P., Savitri, E., & Titin. (2016). Pengembangan media e-comic bilingual sub materi saluran dan kelenjar pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1379-1387. DOI: 10.15294/usej.v5i3.13167

Panjaitan, R.G.P. (2017). Serum enzymes activity and liver histopathological changes of lactating mice treated with eurycoma longifolia jack. roots. Indian Jornal of Traditional Knowledge, 16(4), 593-597. http://nopr.niscair.res.in/bitstream/123456789/42665/1/IJTK%2016%284%29%20593-597.pdf

Panjaitan, R.G.P., Lijana, & Wahyuni, E.S. (2019a). The use of comic as a learning medium for ecology. Unnes Science Education Journal, 8(1), 41-45. DOI: 10.15294/usej.v8i1.23194

Panjaitan, R.G.P., Wahyuni, E.S., & Mega. (2019b). Film dokumenter sebagai media pembelajaran submateri zat aditif. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 52-59. DOI: 10.31932/jpbio.v4i2.454

Panjaitan, R.G.P., Titin, & Santoso, R. (2019c). Film dokumenter pemanfaatan tumbuhan berkhasiat obat sebagai media pembelajaran pada materi sistem pencernaan. Jurnal Pendidikan Sains Indoenesia, 7(2), 121-131. DOI: 10.24815/jpsi.v7i2.14808

Paramita, R., Panjaitan, R.G.P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83-88. DOI: 10.24815/jipi.v2i2.12389

Peraturan Pemerintah Nomor 82. (2001). Tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, Jakarta. http://web.ipb.ac.id/~tml_atsp/test/PP%20RI%20NO_82_TAHUN_2001.pdf

Puspitasari, D.E. (2009). Dampak pencemaran air terhadap kesehatan lingkungan dalam perspektif hukum lingkungan (studi kasus Sungai Code di Kelurahan Wirogunan Kecamatan Mergangsan dan Kelurahan Prawirodirjan Kecamatan Gondomanan Yogyakarta). Mimbar Hukum, 21(1), 23-34. DOI: 10.22146/jmh.16254

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9-15. DOI: 10.24815/kanun.v%25vi%25i.13293

Pramana, D.W., & Dewi, N.R. (2014). Pengembangan e-Book IPA terpadu tema suhu dan pengukuran untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa, Unnes Science Education Journal, 3(3), 602-608. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/4266

Raehang. (2014). Pembelajaran aktif sebagai induk pembelajaran kooperatif. Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 149-167. http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/issue/view/34/showToc

Riska, F., Syafruddin, D., & Lisa, Y. (2018). Pengaruh metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(1), 26-32. DOI: 10.31932/jpbio.v3i1.263

Rozalinda, Albeta, S.W., Masnaini, & Sulismawati. (2018). Pengaruh media prezi dan exe-learning terhadap hasil pembelajaran kimia. Jurnal Edusains, 10(1), 65-73. DOI: 10.15408/es.v10i1.7204

Setyosari, P. (2013). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Triadayani, A.E., Aryawaty, R., & Diansyah, G. (2010). Pengaruh logam timbal (pb) terhadap jaringan hati ikan kerapu bebek (cromileptes altivelis). Maspari Journal, 1, 42-47. DOI: 10.36706/maspari.v1i1.1078

Titin, Panjaitan, R.G.P., & Yuliana, Y.G.S. (2018). The development of character-based documentary film for the materials of reproduction system. Unnes Science Education Journal, 7(3), 251-258. DOI: 10.15294/usej.v7i3.23318

Umar. (2013). Media pendidikan: peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 10(2), 126-141. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/download/364/177

Wahyuni, S., Emda, A., & Zakiyah, H. (2018). Pengaruh penggunaan media animasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sma. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1), 21-28. DOI: 10.24815/jipi.v2i1.10743

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ict yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, 1-8.

Yendrita, & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2(1), 26-32. DOI: 10.31539/bioedusains.v2i1.620

Zakia, A.R., Djamahar, D., & Rusdi. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah menggunakan media sosial e-learning terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pada sistem pencernaan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 21-28. DOI: 10.31932/jpbio.v4i1.395




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.564

Article Metrics

Abstract view : 2720 times
PDF - 6815 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.