Pengembangan media pembelajaran interaktif dan lembar kerja siswa pada materi virus

Handi Darmawan, Nawawi Nawawi

Abstract


Kendala proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Suhaid yaitu; siswa masih merasa kurang tertarik dengan penyajian materi yang disampaikan karena media yang selama ini digunakan hanya power point, buku paket, dan bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media interaktif yang dilengkapi dengan LKS dan menganalisis bagaimana kelayakan media interaktif virus menurut ahli materi serta ahli media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development dengan desain pengembangan model Hannafin & Peck model. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Hubermen, menggunakan data reduction, data display, dan conclusion.  Hasil penilaian media interaktif virus yang dikembangkan memperoleh skor sebesar 84,44 oleh pakar media dan 88,89 oleh pakar materi dan termasuk dalam kriteria sangat layak untuk digunakan. LKS berdasarkan penilaian pakar materi mendapatkan nilai persentase sebesar 82,89% dan terkategorikan layak. Berdasarkan hasil filed test dapat disimpulkan bahwa media interaktif dan lembar kerja siswa dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, lembar kerja siswa, virus

 

The development of interactive learning media and student worksheets on virus materials. Based on observations and interviews with teachers at SMA Negeri 1 Suhaid, it is believed there are still many problems that teachers and students face in Teaching and Learning Activities on viral material namely; Students still feel less interested in the presentation material presented because the media which has so far only been used is powerpoints, textbooks, and abstract translations. The purpose of this research is to analyze how interactive media viruses interact with material experts and media experts, and how the development of interactive media is equipped with worksheets. The method used in this study is the research and development method, with the Hannafin & Peck model development design. The data analysis used Miles and Huberman, consist of data reduction, data display, and conclusions. Results interactive virus media developed obtained a score is 84.44 by media experts and 88.89 by material experts and included in the criteria was very feasible to use. While the worksheet based on material experts obtained a percentage value is 82.89% and was categorized as feasible. Based on the results submitted, the test can conclude an interactive media and worksheets can assist students in improving learning outcomes.

Keywords: Interactive media education, student worksheet, virus


Full Text:

PDF

References


Amrulloh, R. (2013). Kelayakan Teoritis media pembelajaran multimedia interaktif materi mutasi untuk sma. BioEdu, 2(2), 134-136. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/2685

Ariyanto, A., Priyayi, D.F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan media pembelajaran biologi di sekolah menengah atas (sma) swasta salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1-13. DOI: 10.24127/bioedukasi.v9i1.1377

Astuti, F.K., Cahyono, E., Supartono, S., Van, N.C., & Duong, N.T. (2018). Effectiveness of elements periodic table interactive multimedia in nguyen tat thanh high school. International journal of Indonesian education and teaching (IJIET), 2(1), 1-10. DOI: 10.24071/ijiet.2018.020101

Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The implementation of contextual learning to enhance biology students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451-457. DOI: 10.15294/jpii.v7i4.11721

Fatmala, D., & Yelianti, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android pada materi plantae untuk siswa sma menggunakan eclipse galileo. BIODIK, 2(1). https://www.online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/3356

Firmansyah, A., Hadiarti, D., & Sartika, R.P. (2016). Pengembangan instrumen penilaian (assesment) menggunakan wondershare quiz creator pada materi konsep mol siswa kelas x smk negeri 7 pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 4(2). DOI: 10.29406/arz.v4i2.669

Harahap, H.S. (2019). Pengembangan Media ajar interaktif biologi berbasis macromedia flash dalam komputer pada materi sistem pernapasan manusia. Jurnal pembelajaran dan biologi nukleus, 5(2), 54-66. DOI : 10.36987/jpbn.v5i2.1356

Hartini, R.F., Ibrohim, I., & Qohar, A. (2018). Pemahaman konsep dan keterampilan proses sains melalui inkuiri terbimbing berbasis lingkungan pada materi ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(9), 1168-1173. DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11531

Herlina, L. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi virus kelas x mas al-mustaqim sungai raya 2. Jurnal Bioeducation, 4(2), 11-14. DOI: 10.29406/663

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21. DOI: 10.17977/jpb.v7i1.713

Irfana, N., Iswari, R.S., & Martin, F.P. (2017). Pengembangan komik digital let’s learn about virus sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas x sma. Journal of Biology Education, 6(3), 258-264. DOI: 10.15294/jbe.v6i3.21083

Kamiana, A., Kesiman, M. W. A., & Pradnyana, G. A. (2019). Pengembangan augmented reality book sebagai media pembelajaran virus berbasis android. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 8(2), 165-171. DOI: 10.23887/karmapati.v8i2.18351

Lestari, I., Ariyati, E., & Marlina, R. (2016). Efektivitas pembelajaran kooperatif berbantuan flipbook terhadap hasil belajar siswa pada materi virus di sma. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(06). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15652

Maulida, N., Anra, H., & Pratiwi, H. (2018). Aplikasi pembelajaran interaktif pengenalan hewan pada anak usia dini. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 6(1), 26-31. DOI: 10.26418/justin.v6i1.23726

Meinarsih, Y. (2018). Animasi pembelajaran biologi untuk kelas x sma berbasis multimedia. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 7(2), 281-285. DOI: 10.30591/smartcomp.v7i2.972.g732

Muhlisin, A., Susilo, H., Amin, M., & Rohman, F. (2016). Improving critical thinking skills of college students through rms model for learning basic concepts in science. Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 17(1). https://www.eduhk.hk/apfslt/download/v17_issue1_files/ muhlisin.pdf

Muhlisin, A., Susilo, H., Amin, M., & Rohman, F. (2018). The effectiveness of rms learning model in improving metacognitive skills on science basic concepts. Journal of Turkish Science Education (TUSED), 15(4). DOI: 10.12973/tused.10242a

Muhlisin, A. (2019). Reading, mind mapping, and sharing (rms): innovation of new learning model on science lecture to improve understanding concepts. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 323-340. DOI: 10.17478/jegys.570501

Nawawi, N., Kusnoto, Y. (2019). An analysis of online game influence toward the biology learning achievement of students at sman 1 suhaid and smpn 1 suhaid, kapuas hulu. Indonesian Journal of Biology Education, 2(2), 14-20. DOI: 10.31002/ijobe.v2i2.1790

Riska, F., Syafruddin, D., & Lisa, Y. (2018). Pengaruh metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(1), 26-32. DOI: 10.31932/jpbio.v3i1.263

Rohman, S., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Analisis pembelajaran fisika kelas x sma negeri di kota cirebon berdasarkan literasi sains. Physics Communication, 1(2), 12-18. DOI: 10.15294/physcomm.v1i2.10402

Sijaya, I., Yani, A., & Maruf, M. (2016). Peranan media presentase interaktif terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas x sma islam darussalam pannyangkalang kab. gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 328-341. DOI: 10.26618/jpf.v4i3.331

Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi stem untuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0: revieu literatur. Education and Human Development Journal, 3(1). DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.90

Tegeh, I.M., Jampel, I.N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tri, U. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) dengan laboratorium virtual phet pada pokok bahasan teori kinetik gas kelas xi sma negeri 2 sumenep. Inovasi Pendidikan Fisika, 5(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/16294

Widayanti, W., Yuberti, Y., Irwandani, I., & Hamid, A. (2018). Pengembangan lembar kerja praktikum percobaan melde berbasis project based learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 24-31. DOI: DOI: 10.24815/jpsi.v6i1.10908

Widyatyastuti, A., Wibowo, Y., & Umniyatie, S. (2016). Pengembangan media ispring presenter pada materi virus untuk melatih berpikir kritis siswa sma. Pend. Biologi-S1, 5(8), 19-31. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbio/article/view/ 6047/0

Wirawan, A.W., Indrawati, C.D.S., & Rahmanto, A.N. (2017). Pengembangan media pembelajaran kearsipan digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk negeri 3 surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 78-86. DOI: 10.21831/jpv.v7i1.12879

Zahrah, F., Halim, A., & Hasan, M. (2017). Penerapan praktikum dengan model problem based learning (pbl) pada materi laju reaksi di sma negeri 1 lembah selawah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 115-123. DOI: 10.24815/jpsi.v5i2.9826




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.573

Article Metrics

Abstract view : 5716 times
PDF - 3675 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.