Studi hasil belajar kognitif pada materi udara bersih bagi pernapasan melalui model numbered heads together
Abstract
Masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar kognitif dibawah nilai KKM. Studi ini bertujuan mengkaji studi hasil belajar kognitif pada materi udara bersih bagi pernapasan melalui model Numbered Heads Together (NHT). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan berupa nonequivalent control group design. Sampel adalah siswa kelas V SDN 23 Menyumbung yang berjumlah 35 siswa. Instrumen berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 24 soal yang terkait indikator kognitif. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai probalilitas (0,000) dan lebih kecil dari alpha (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa model NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada materi pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SDN 23 Menyumbung tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Numbered heads together, hasil belajar kognitif, pembelajaran tematik
Study of cognitive learning outcomes in clean air material for breathing through the numbered heads together model. There are still many students who get cognitive learning outcomes below the KKM score. This study aims to examine cognitive learning outcomes in clean air material for breathing through the Numbered Heads Together (NHT) learning model. The approach is quantitative with a design in the form of nonequivalent control group design. The sample is students in class V SDN 23 Menyumbung, totaling 35 students. The instrument using was a multiple choice test item by 24 questions related to cognitive indicators. Hypothesis test results obtained a significant value (0,000) and greater than alpha (0.05) so it can be concluded that the NHT learning model has a significant effect on cognitive learning outcomes on the material importance of clean air for breathing in SDN 23 Menyumbung to the 2019/2020 academic year.
Keywords: Numbered heads together, cognitive learning outcomes, thematic learning
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabani, B.I.T. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam. PYTHAGORAS, 6(2), 175-186. DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.966
Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The implementation of contextual learning to enhance biology students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451-457. DOI: 10.15294/jpii.v7i4.11721
Dahni, A. (2018). Penerapan model kooperatif tipe nht untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas vi sd negeri 010 keresek kecamatan gunung toar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(2), 234-239. DOI: 10.33578/pjr.v2i2.5072
Djudin, R., Trisianawati, E., & Stianingsih, Y.K. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran numbered head together (nht) terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 354-361. DOI: 10.20527/bipf.v6i3.5295
Efendi, I., & Sofnawandi. (2016). Peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif siswa melalui metode belajar aktif tipe gge (group to group exchange). Jurnal Pendidikan Mandala, 1(1), 42-49. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/54
Hamdayana, J. (2015). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Harahap, N. (2014). Hubungan antara motivasi dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division pada konsep ekosistem. Jurnal Pendidikan, 5(1), 35-46. https://visipena.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=69?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=69
Kistian, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran numbered head together (nht) terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas iv sdn 4 banda aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 71-82. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/169
Kristiningtyas, W. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif dan psikomotorik dalam membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi melalui metode survei lapangan. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 28-34. DOI: 10.24176/re.v8i1.1782
Majid, A. (2017). Penilaian autentik proses dan hasil belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Melindawati, S., Irradatillah, & Marcelina, S. (2018). Pengaruh penerapan model kooperatif tipe numbered head together (nht) terhadap hasil belajar ips siswa di kelas v sdn 01 bandar buat padang. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 64-77. DOI: 10.24036/jippsd.v2i2.102706
Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 15-19. DOI: 10.31932/jpbio.v2i2.220
Munir, P.N. (2018). Pengaruh inteligensi intrapersonal terhadap hasil belajar kognitif matematika melalui motivasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 45-50. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/846
Murfiah, U. (2017). Pembelajaran terpadu teori dan praktik terbaik di sekolah. Bandung: Refika Aditama.
Putranti, P.A., & Widiastuti. (2016). Penerapan metode numbered heads together (nht) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif ipa di sd kristen gunungsitoli utara. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 12(2), 128-140. DOI: 10.19166/pji.v12i2.370
Queen, Y.A., Supiandi, M.I., & Ege, B. (2019). Pengaruh model think pair and share berbasis media tree chart terhadap hasil belajar kognitif pada materi keanekaragaman hayati. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 01-08. DOI: 10.31932/jpbio.v4i1.355
Reflianto, A., Bustami, Y., & Syafruddin, D. (2019). Efektivitas metode sosiodrama terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education (AIJBE), 2(1), 1-6. DOI: 10.17509/aijbe.v2i1.14172
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sidik, F. (2016). Guru berkualitas untuk sumber daya manusia berkualitas. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109-114. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/444
Sulasmi. (2016). Meningkatkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) di kelas vii smpn 4 mataram semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(2), 1-8. DOI: 10.36312/jime.v2i2.16
Supardi. (2015). Penilaian autentik pembelajaran afektif, kognitif, dan psikomotor. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran make a match untuk pembelajaran ipa yang menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52-59. DOI: 10.30738/tc.v1i1.1579
Zativalen, O., Hasanah, M., & Silthon. (2017). Pengaruh metode number head together (nht) terhadap hasil belajar pengetahuan pada pembelajaran tematik kelas v sdn dinoyo 2 kota malang. Jurnal Pendidikan, 1(5), 855-860. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6276
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.625
Article Metrics
Abstract view : 717 timesPDF - 396 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.