Etnobotani: tumbuhan ritual keagamaan hindu-bali

Rizhal Hendi Ristanto, Ade Suryanda, Ade Imas Rismayati, Aty Rimadana, Rahmirini Datau

Abstract


Pulau Bali dikenal sebagai pulau seribu pura dengan mayoritas penduduk beragama Hindu menggunakan tumbuhan dalam kegiatan ritual keagamaan Hindu-Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam tumbuhan ritual keagamaan Hindu-Bali. Penelitian ini terkait etnobotani yang dilaksanakan pada bulan April tahun 2018 pada tiga lokasi yaitu kebun raya Bali, taman wisata alam Danau Buyan, dan Pura Ulun Danu Beratan, Kabupaten Tabanan dan Buleleng, Bali. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan studi pustaka. Narasumber ditentukan dengan teknik purposive sampling dan simple random sampling. Analisis data dilakukan melalui deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan terdapat 101 spesies tumbuhan yang digunakan dalam ritual keagamaan Hindu-Bali. Bagian umbi 11 spesies, bagian batang 10 spesies, bagian biji 5 spesies, bagian daun 29 spesies, bagian bunga 17 spesies, bagian buah 9 spesies, dan bagian kulit batang 20 spesies. Mayarakat Hindu-Bali mempercayai bahwa suatu warna melambangkan dewa, yaitu kuning melambangkan Mahadewa, hitam melambangkan Dewa Wisnu, putih melambangkan Dewa Shiwa, dan merah melambangkan dewa Brahma.

Kata kunci: Etnobotani, Hindu-Bali, tumbuhan ritual

 

Etnobotani: hindu-bali religious ritual plant. Bali Island is known as the Thousand Pura Island with a Hindu population used in Hindu-Balinese religious ritual activities. The study of botany relating to the culture of society is called Ethnobotany. Types of Hindu-Balinese religious rituals. The study was conducted in April 2018 at three locations in the Bali Botanic Garden, Danau Buyan Nature Park, and Ulun Danu Beratan Temple, Tabanan and Buleleng regency, Bali Province. Data collected through interview techniques, observation, and literature study. The informants were determined by purposive sampling and simple random sampling techniques. Data analysis was performed through descriptive qualitative. The results found 101 species of plants used in Hindu-Balinese religious rituals. Tuber parts 11 species, 10 stem species, 20 bark species, 29 leaf species, 17 flower species, 9 fruit species, and 5 species seeds. Hindu-Balinese people believe that one of the colors symbolizes deity, namely yellow symbolizes Mahadeva, black symbolizes Lord Vishnu, white symbolizes Lord Shiva, and red symbolizes the Brahma.

Keywords: Ethnobotany, Hindu Bali, ritual plants


Full Text:

PDF

References


Ambarani, D.P.L. (2016). Penempatan tanaman upakara sebagai elemen lunak taman pekarangan rumah ditinjau dari aspek filosofi budaya bali di kecamatan payangan, kabupaten gianyar, provinsi bali. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Udayana.

Andayana, I.N.M. (2012). Arti dan fungsi banten aebagai sarana persembahyangan. Denpasar: Pustaka Bali Post.

Ayadnya, S.I.B & Arinasa, I.B.K. (2004). Peranan wariga terhadap penggunaan tanaman upacara adat. seminar tumbuhan upacara agama hindu. UPT BKT Kebun Raya Eka Karya. Bali – LIPI.

Babaian, C., & Twigg, P. (2011). The power of plants: introducing ethnobotany & biophilia into your biology class. The American Biology Teacher, 73(4), 217–221. DOI: 10.1525/abt.2011.73.4.6

Bjonness, R. (2013). Tantra yoga cinta dan pencerahan tuntutan personal, tradisi filsafat dan praktik tantra bagian a. Terjemahan AVA. Jakarta: Yayasan Ananda Marga Yoga.

Choudhary, K., Singh, M., & Pillai, U. (2008). Ethnobotanical survey of rajasthan - an update. American-Eurasian Journal of Botany, 1(2), 38-45.

Dharma, I.D.P., Mudarsa, I.W., Peneng, I.N., & Sumantera, I.W. (2002). Koleksi tanaman upacara adat bali kebun raya eka karya bali. Bali: UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali-LIPI.

Dharmono. (2007). Kajian etnobotani tumbuhan jalukup (centella asiatica l.) di suku sayak bukit desa haratai1 loksado. Media Konservasi, 4(2), 71-78. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.516.5799&rep=rep1&type=pdf

Ginting, E.Y. (2012). Studi etnobotani penggunaan tanaman obat tradisional etnis karo di desa jaranguda kecamatan merdeka kabupaten karo. (Disertasi tidak terbitkan), Universitas Negeri Medan, Medan. http://digilib.unimed.ac.id/17228/

Harahap, L.J. Rahmadiana, V., Iman, F., Ristanto, R.H., & Lisanti, E. (2009). Ethnoveterinary pharmacology: knowledge identification of sukarame society, carita, pandeglang, banten. Bioscience, 3(2), 187-196. DOI: 10.24036/0201932106354-0-00

Hidayat, S., Hikmat, A., & Zuhud, E.A.M. (2010). Kajian etnobotani masyarakat kampung adat dukuh kabupaten garut, jawa barat. Media Konservasi, 15(3), 139–151. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/konservasi/article/view/13014

Iskandar, J. (2016). Etnobiologi dan keragaman budaya di indonesia. Indonesian Journal of Anthropology, 1(1), 2528-1569. DOI: 10.24198/umbara.v1i1.9602

Lestari, W.S. (2004). Pemanfaatan tumbuhan untuk upacara agama hindu di beberapa wilayah di kabupaten gianyar. Prosiding Seminar Konservasi Tumbuhan Upacara Agama Hindu. 7 Oktober 2004, Bali, Indonesia, 1(1), 273-278.

Lestari, P., Ristanto, R.H., & Miarsyah, M. (2019a). Analysis of conceptual understanding of botany and metacognitive skill in pre-service biology teacher in Indonesia. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 199-214. DOI: 10.17478/jegys.515978

Lestari, P., Ristanto, R. H., & Miarsyah, M. (2019b). Metacognitive and conceptual understanding of pteridophytes: Development and validity testing of an integrated assessment tool. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 15-24. http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijobe/article/view/1225

Malik, F. (2016). Peranan kebudayaan dalam pencitraan pariwisata bali. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 11(1), 67-92. http://ejournal.kemenpar.go.id/index.php/jki/article/view/4

Martin, G.J. (1998). Etnobotani: sebuah manual pemeliharaan manusia dan tumbuhan. Edisi Bahasa MelayuTerjemahan Maryati Mohamed, Natural History Publications (Borneo) Sdn. Bhd. Kinabalu. Sabah. Malaysia.

Mesfin, K., Tekle, G., & Tesfay, T. (2013). Ethnobotanical study of traditional medicinal plants used by indigenous people of gemad district, northern ethiopia. Journal of Medicinal Plants Studies, 1(4), 32-37. http://www.plantsjournal.com/archives/2013/vol1issue4/PartA/11.1-101.pdf

Nala, N. (2004). Filosofis pemanfaatan dan keanekaragaman tanaman upacara agama hindu di bali. Dalam ‘Prosiding Seminar Konservasi Tumbuhan Upacara Agama Hindu. UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya ‘Eka Karya’ Bali.

Nasution, A., Chikmawati, T., Walujo, E.B., & Zuhud, E. (2018). Ethnobotany of mandailing tribe in batang gadis national park. The Journal of Tropical Life Science, 8(1), 48–54. DOI: 10.11594/jtls.08.01.09

Peneng, I.N. & Sumantera, I.W. (2005). Pemanfaatan tebu dalam upacara adat di kabupaten tabanan, bali. Biodiversitas, 6(2), 138-140. DOI: 10.13057/biodiv/d060214

Puja, G. (2007). Wedaparikrama himpunan naskah mantra dan stotra teks asli bahasa sansakerta dan penjelasannya. Surabaya: Paramita.

Putri, R.I., Supriatna, J., & Walujo, E.B. (2014). Ethnobotanical study of plant resources in serangan island, bali. Asian Journal of Conservation Biology, 3(2), 135–148. https://www.ajcb.in/journals/full_papers_dec_2014/AJCB-Vol3-No2-Putri%20et%20al.pdf

Radastami, K.A., Sinaga, R.M., & Wakidi. (2018). Sesaji canang sari dalam ritual yajna masyarakat hindu-bali desa sidorejo kabupaten lampung timur. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Saleh, S. (2017). Kerukunan umat beragama di denpasar bali. Al-Fikr, 17(1), 1167-175. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alfikr/article/view/2275

Sharma, U.K., & Pegu, S. (2011). Ethnobotany of religious and supernatural beliefs of the mising tribes of assam with special reference to the 'Dobur Uie'. J Ethnobiology Ethnomedicine 7(16), 1-13. DOI: 10.1186/1746-4269-7-16

Sholichah, L., & Alfidhdhoh, D. (2020). Etnobotani tumbuhan liar sebagai sumber pangan di dusun mendiro, kecamatan wonosalam, jombang. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 25(1), 111-117. DOI: 10.18343/jipi.25.1.111

Steenis, V. (2008). Flora. Cetakan ke-12. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Suamba, I.B.P. (2004). OM pranava mantra. Denpasar. Dharmopadesa Pusat.

Sudarsana, I.B.P. (2010). Himpunanan tetanding upacara yadnya. Bali: Yayasan Dharma Acarya.

Sujarwo, W., & Lestari, S.G. (2019). Studi etnobotani tumbuhan obat dan upacara adat Hindu di Bali. Buletin Kebun Raya, 21(2), 117-139. http://jurnal2.krbogor.lipi.go.id/index.php/buletin/article/view/441

Surata, I.K., Gata,I.W., & Sudiana, I.M. (2015). Studi etnobotani tanaman upacara hindu bali sebagai upaya pelestarian kearifan lokal. Jurnal Kajian Bali, 05(2), 265–284. https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/view/16776

Suryadarma, I.G.P. (2008). Diktat kuliah etnobotani. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Tjitrosoepomo, G. (2018). Morfologi tumbuhan, cetakan keduapuluh satu. Yogyakarta: UGM Press.

Wiana, I.K. (2007). Tri hita karana, menurut konsep hindu. Surabaya: Paramita.

Winarsih, E. (2015). Etnobotani tumbuhan obat oleh masyarakat kecamatan gerokgak kabupaten buleleng provinsi bali. (Tesis tidak diterbitkan). Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.642

Article Metrics

Abstract view : 5003 times
PDF - 3337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.