PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Astuti, & Stevanus. (2020) Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika untuk Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar, jurnal PGSD
Baridan, Asrori, M., & Priyadi, A. T. (2016). Impelementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kuburaya. Jurnal Untan, 1.
Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Rajawali Press.
Gie, T. (2013). Teknik Berpikir Kreatif . Yogyakarta: Sabda Persada Yogyakarta.
Hamdani, Prayitno , & Karyanto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Metode Eskperimen. Journal Biology Education, 16, 140.
Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hassoubah, Z. I. (2018). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kreatif :Disertai Ilustrasi dan Latihan. Bandung: Nuansa Grapika.
Hendra, S. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektual, 3(1), 32 - 35.
Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif ( Make - S Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Social, Sains dan Humaniora, 3(2).
Ilmiyatni, F. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal FMIPA Lampung.
Johnson. (2010). Contextual Teaching And Learning (Edisi Terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: MLC.
Kemendikbudristek. (2022). Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud.RI.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Matt, J. (2011). Teori - Teori Psikologi. Bandung: Nusa Media.
Narti, Y., Setyosari, P., N.S, D., & W.D , D. (2016). Thematic Learning Implementation in Elementary School. Internationa Journal Of Science and Research, 5(11).
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Nofziarni, A., Hardiyanto, Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Speserta didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Baasicedu, 3(4), 2016 - 2024.
Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.
NUR EVA, (2020) IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENGEKSPLORASI KREATIVITAS
DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHAPESERTA DIDIK. jurnal teori dan riset matematika
Oemar, H. (2014). Pendidikan Pendidik Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 44.
R, & Rahmatullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik/ Pendidik Impelemntasi Pembelajaran Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Sani. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Impelementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Siregar, E. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia - Indonesia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Wati, Y. I. (2018). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 MI Nurur Rohmah Tentang Energi Panaas . Jurnal Nizamia Learning Center .
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2470
Article Metrics
Abstract view : 192 timesPDF - 161 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.