PENGENALAN TEKNIS PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN BIMBINGAN TEKNIS PENERBITAN ARTIKEL PADA JURNAL ILMIAH BAGI GURU-GURU SD,SMPN 6 SATAP DI KECAMATAN SEPAUK
Abstract
ABSTRAK
Kurangnya pemahaman bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas memicu realita bahwa guru masih enggan melaksanakan penelitian. Guna membantu guru dalam meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, maka tim PKM STKIP Persada Khatulistiwa Sintang melakukan pendampingan dan bimbingan dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas serta melakukan pendampingan teknis bagi para guru untuk dapat mempublikasi hasil penelitiannya. Secara umum kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan metode pelatihan berupa presentasi dan penjelasan tentang metodologi PTK serta bimbingan teknis publikasi jurnal ilmiah dengan metode pelaksanaan kegiatan secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh 20 guru SD-SMPN 6 Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. Luaran kegiatan pengabdian yang dilakukan di SD-SMPN 6 SATAP Sepauk mencapai target yang direncanakan. Kegiatan PKM ini diikuti oleh lebih dari 80% guru dari SD-SMPN 6 SATAP Sepauk, walaupun tidak 100% dari jumlah tersebut dapat mengikuti dari awal kegiatan karena kendala jaringan internet. Selama kegiatan berlangsung respon para guru sangat baik terhadap kegiatan PKM ini. Para guru menjadi bersemangat untuk melakukan penelitian dan beberapa diantaranya berupaya melakukan penelitian untuk kenaikan pangkatnya serta setidaknya ada kurang lebih 30% guru berniat mengadakan kolaborasi penelitian dengan para anggota PKM
Kata Kunci:Â Pengenalan Teknis; Bimbingan Teknis; Karya Tulis Ilmiah
Â
ABSTRACT
A lack of understanding of how to conduct classroom action research triggers the reality that teachers are still reluctant to carry out research. PKM team of STKIP STKIP Persada Khatulistiwa Sintang provides assistance and guidance in carrying out classroom action research and provides technical assistance for teachers to be able to publish their research results. In general, this PKM was conducted with training methods in the form of presentations and explanations of the CAR methodology as well as technical guidance for scientific journal publications with methods of implementing activities online. This activity was attended by 20 teachers from SD-SMPN 6, Sepauk District, Sintang District. The output of the service activities carried out at SD-SMPN 6 SATAP Sepauk achieved the planned target. This PKM activity was attended by more than 80% of teachers from SD-SMPN 6 SATAP Sepauk, although not 100% of this number were able to participate from the beginning of the activity due to internet network problems. During the activity, the teachers responded very well to this PKM activity. The teachers are excited to do research and some of them try to do research for promotion and at least 30% of the teachers intend to conduct research collaborations with PKM members.
Keywords :Â Technical Introduction; Technical guidance; Scientific papers
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hadis, Abdul. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Hafid, Anwar, dkk. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Usman U, M. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rodaskara.
Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun (2005), Tetang Guru dan Dosen. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Aqib, Z. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Ypramawidya.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka
Wahidmurni, Ali Nur. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam dan Umum Dari teori Menuju Praktik Disertai contoh Hasil Penelitian. Malang: UM Press
Taniredja, T., dkk. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah: Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i1.1099
Article Metrics
Abstract view : 321 timesPDF - 312 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.