PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN ( PROPOSAL BISNIS DAN PEMBUKUAN SEDERHANA ) BAGI PEMUDA-PEMUDI DI DESA MARTIGUNA KABUPATEN SINTANG

Emilia Dewiwati Pelipa, Anna Marganingsih, Yulia Suriyanti

Abstract


ABSTRAK

Pada era sekarang ini banyak masyarakat yang ingin berwirausaha, karena wirausaha merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas perekonomian. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengedukasi para Pemuda Pemudi di Desa Marti guna Kabupaten Sintang yang memiliki atau ingin membuat UMKM yang terdiri dari cara menyusun proposal bisnis dan pembukuan keuangan sederhana. Kegiatan ini sangat penting karena dapat memperluas usaha pemilik UMKM yang sering sekali membutuhkan modal yang cukup besar sehingga dapat mengajukan kredit ke bank dengan proposal bisnis serta adanya pembukuan keuangan yang merupakan syarat administrasi mendapatkan layanan kredit. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah pelatihan terstruktur dilaksanakan secara virtual. Hasil dari pengabdian ini adalah pemuda-pemudi di Desa Marti guna Kabupaten Sintang memahami cara berwirausaha yang baik dan mampu membuat proposal bisnis dan pembukuan keuangan sederhana. Pengabdian ini menghasilkan luaran seperti proposal bisnis dan catatan keuangan UMKM. Dengan adanya Pelatihan Kewirausahaan ini, pemuda-pemudi didesa Marti Guna dapat mengisi waktu dengan hal yang produktif, yaitu memulai atau mengembangkan UMKM. Para pemuda-pemudi juga dapat mengetahui bagaimana cara berwirausaha yang baik dan menyusun proposal bisnis dan pembukuan keuangan sederhana, sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan layanan kredit dari bank untuk pengembangan bisnis atau usahanya.

Kata Kunci: Bisnis, keuangan, UMKM

 

ABSTRACT

In today's era, many people want to be entrepreneurs, because entrepreneurship is one way to improve the quality of the economy. The purpose of this community service is to educate young people in Marti Village for Sintang District who have or want to create MSMEs which consist of how to prepare business proposals and simple financial bookkeeping. This activity is very important because it can expand the business of MSME owners who often require large enough capital so that they can apply for credit to banks with business proposals as well as financial accounting which is an administrative requirement for obtaining credit services. The method applied in the implementation of this activity is structured training conducted virtually. The result of this dedication is that young people in Marti Village for Sintang District understand good entrepreneurial practices and are able to make simple business proposals and financial bookkeeping. This service resulted in outputs such as business proposals and MSME financial records. This service resulted in outputs such as business proposals and MSME financial records. With this Entrepreneurship Training, young people in Marti Guna village can fill their time with productive things, namely starting or developing MSMEs. Young people can also know how to be good entrepreneurship and compile simple business proposals and financial books, making it easier for them to get credit services from banks for business development or business.

Keywords: Business, finance, MSMEs


Keywords


Business, finance, MSMEs

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan, Cetakan ke 19. Bandung: Alfabeta.

Emilia dan Anna .2020. Membangun Jiwa Wirausahawan (Entrepreneurship) Menjadi Mahasiswa Pengusaha (Entrepreneur Student) Sebagai Modal Untuk Menjadi Pelaku Usaha Baru. JURKAMI Volume 5, no 2.

Hapsari, Denny Putri. 2017 Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Akuntansi. Vol 4 No. 2.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI),2009, Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik, Jakarta

Rusdiana, H.A. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik, Cetakan ke 1. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i2.1198

Article Metrics

Abstract view : 1149 times
PDF - 848 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.