PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SISPENA SEKOLAH DAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK DI BAWAH NAUNGAN PC.LP MA’ARIF NU METRO

Masrurotul Mahmudah, Hernisawati Hernisawati, Andika Ari Saputra

Abstract


ABSTRACT

Academic quality in schools and madrasas greatly affects the learning quality of students and teachers' professionals in teaching. Improving academic quality in schools and madrasas requires accreditation from a team or assessor of the National Accreditation Board for Schools or Madrasah (BAN-S/M) in order to compile forms and improve the quality of these schools and madrasas. Accreditation of schools or madrasas functions for knowledge, namely in order to determine the feasibility and performance of schools and madrasas seen from various elements. Excellent schools and madrasas refer to the management of improving the quality of education personnel. The purpose of the Mentoring is to determine the feasibility of the academic quality of schools and madrasas and to know the system of developing school and madrasa forms in improving academic quality under the auspices of PC.LP Ma'arif NU Metro in Metro City. The author concludes that assistance in the preparation of the school and madrasa accreditation assessment system can improve academic quality under the auspices of PC.LP Ma'arif NU Metro', assistance in the preparation of the school accreditation assessment system through discussion group activities to improve the academic quality of schools under the auspices of Ma'arif Nahdlatul Ulama Educational Institution Branch Manager, Metro City, Lampung Province.

Keywords: Academic Quality, Preparation of the National Education System, Schools and Madrasah.


ABSTRAK

Mutu akademik di sekolah dan madrasah sangat mempengaruhi kualitas belajar peserta didik dan profesional guru dalam mengajar. Peningkatan mutu akademik di sekolah dan madrasah diperlukan adanya akreditasi dari tim atau asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) guna penyusunan borang dan memperbaiki kualitas sekolah dan madrasah tersebut. Akreditasi sekolah atau madrasah berfungsi untuk pengetahuan, yaitu dalam rangka untuk mengetahui kelayakan serta kinerja sekolah dan madrasah dilihat dari berbagai unsur. Sekolah dan madrasah yang unggul mengacu pada manajemen peningkatan mutu tenaga kependidikan. Tujuan Pendampingan yaitu untuk mengetahui kelayakan mutu akademik sekolah dan madrasah serta mengetahui sistem pembinaan penyusunan borang sekolah dan madrasah dalam meningkatkan mutu akademik di bawah naungan PC.LP Ma’arif NU Metro di Kota Metro. Penulis mengambil kesimpulan bahwa pendampingan penyusunan pada sistem penilaian akreditasi sekolah dan madrasah dapat meningkatkan mutu akademik di bawah naungan PC.LP Ma’arif NU Metro’, pendampingan penyusunan pada sistem penilaian akreditasi sekolah melalui kegiatan grup forum diskusi untuk meningkatkan mutu akademik sekolah di bawah naungan Pengurus Cabang Lambaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kota Metro Provinsi Lampung.

Kata Kunci: Mutu Akademik, Penyusunan Sispena, Sekolah dan Madrasah.


Keywords


Academic Quality, Preparation of the National Education System, Schools and Madrasah.

Full Text:

PDF

References


Alfiatu Solikah. (2014). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Unggulan. Didaktika Religia, Volume 2 , No. 1, hal.175-212.

Andi Prastowo. (2008). Menguasai Teknik-teknik Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Diah Kumalasari. (2013). Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Manajemen Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan di Playen Gunung Kidul. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga.

Dyah Suryawati. (2008). Pentingnya Akreditasi Dalam Proses Pembinaan Manajemen Sekolah/Madrasah di Sumatera Utara. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional. Sumber: http://www.undp.org, hal.113- 121.

Farida Hanun. (2015). Akreditasi Madrasah Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Vol.13 No.1, hal.120-135.

Irwanto. (2007.) Focus Group Discussion: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Kajian Analisis Sistem Akreditasi Sekolah/Madrasah (Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Internal).

Moh. Saifulloh, Zainul Muhibbin dan Hermanto. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. JSH: Jurnal Sosial Humaniora, Vol 5 No.2, hal.206-217.

Munawar Ahmad. (2007). Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga. Aplikasia, Jurnal Aplikasi Ilmu- ilmu Agama, Vol.VIII, No.2, hal. 104-113.

Prahana, “Sejarah Perkembangan dari masa ke masa Kota Metro”, http://riosanjaya102.blogspot.co .id/2017/03/sejarah-kota- metro.html, diunduh 18 Juli 2019.

Saputra, Andika Ari, and Budi Astuti. “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Layanan Bimbingan Belajar Dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 3, no. 1 (2018).

Sudarmono; Edi Ribut Harwanto, editor (2004). Metro: Desa Kolonis Menuju Metropolis (Metro: A Colonial Village Becoming Metropolitan). Metro, Indonesia: Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Metro.

https://bansm.kemdikbud.go.id/page/det ail/mekanisme-akreditasi, diunduh Minggu 21 April 2019.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v5i1.1575

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.