STIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA, KECAKAPAN SOSIAL DAN EMOSIONAL SISWA DIMASA PANDEMI DI SD BETHEL SUNGAI SAWAK

Thomas Joni Verawanto Aristo, Eliana Yunitha Seran, Evansius Dimas Hendro Riberu

Abstract


ABSTRACT

This PkM activity was carried out with the aim of providing options in helping Classroom Teachers to be able to stimulate children's speaking skills, social and emotional skills after experiencing school for some time during a pandemic. so that the Class Teacher has an idea of how to stimulate these three developments in children. Based on this, it is hoped that Classroom Teachers can apply ways to stimulate speaking skills, social and emotional skills in daily activities at school because the main expertise is at school so that children's speaking skills, social and emotional skills can be optimized from an early age.

Keywords: Speaking skill, Social, Emotinal Skill

 

ABSTRAK

Kegiatan PkM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan opsi dalam membantu Guru Kelas agar dapat menstimulasi kemampuan berbicara, kecakapan sosial dan emosional anak setelah beberapa lama mengalami masa sekolah dalam masa pandemi. sehingga Guru Kelas tersebut mempunyai gambaran bagaimana cara menstimulasi ke tiga perkembangan tersebut pada anak. Berdasarkan hal tersebut maka diharapkan para Guru Kelas dapat menerapkan cara menstimulasi kemampuan berbicara, kecakapan sosial dan emosional dalam kegiatan sehari-hari di sekolah karena keahlian yang utama adalah di sekolah sehingga kemampuan berbicara, kecakapan sosial dan emosional pada anak dapat dioptimalkan sejak usia dini.

Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Kecakapan  Sosial, Emosional


Full Text:

PDF

References


Hayati Fitriah dan Mamat Nordin. (2014). Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia. Jurnal Buah Hati Volume I Nomor 1. 16-30

Permendiknas no 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 2012. Setijaningsih Triana dan Noviana Winda. (2017). Pelaksanaan Stimulasi Perkembangan

Bahasa Dan Bicara Anak Usia 0–3 Tahun Dalam Keluarga Di Posyandu Seruni Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Ners dan Kebidanan, Volume 4, Nomor 2. 160–167.

Sujiono Yuliani Nuraini. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v6i1.2688

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.