DISEMINASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING (QL) UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG EFEKTIF

Anggun Pertiwi, Devi Marganing Tyas

Abstract


ABSTRACT

Education is the initial foundation of the formation of quality resources that are an important aspect of supporting overall development. The problem facing our education is the weak learning process. Therefore, a learning model or strategy is needed that can optimize student learning outcomes and increase student motivation in carrying out learning activities. The purpose of this service is to disseminate the Quantum Learning model in elementary schools, especially in English subjects. Community service will be carried out at SDN Pinayungan 5, East Telukjambe District, Karawang Regency, West Java, from October to December 2023. The community service model used is in the form of interviews, socialization, and discussions with the Asset Based Community Development (ABCD) approach, which prioritizes the use of existing assets and potential. The results of this service, enrich the learning models and methods that teachers use in learning because the Quantum Learning model prioritizes a learning atmosphere that is fun for students and comfortable for students during the learning process.

Keywords: Learning Model, Quantum Learning

 

ABSTRAK

Pendidikan merupakan pondasi awal dari terbentuknya kualitas sumber daya yang menjadi aspek penting dalam menunjang pembangunan secara menyeluruh. Masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model atau strategi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan motivasi siswa dalam melaksanakan kegian pembelajaran. Tujuan pengabdian ini adalah mendesiminasikan model Pembelajaran Quantum Learning pada sekolah dasar khusunya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Pengabdian masyarakat akan dilaksanakan di SDN Pinayungan 5, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dari bulan Oktober sampai Desember Tahun 2023. Model pengabdian pada masyarakat yang digunakan berupa wawancara, sosialisasi, dan diskusi dengan pendekatan (ABCD) Asset Based Community Development, yang mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi yang ada. Hasil Pengabdian ini, memperkaya model dan metode pembelajaran yang guru gunakan dalam pembelajaran, karena model Quantum Learning mengedepankan Susana belajar yang menyenangkan bagi siswa dan nyaman untuk siswa selama proses pembelajaran.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Quantum Learning


Keywords


Learning Model, Quantum Learning

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bobbi Deporter, Mike Hernacki. 2016. Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Colin Rose dan Macolm J. Nicholl. 2003. Accelerated Learning for the 21st Century (Cara Belajar Cepat Abad XXI). Bandung : Nuansa Cendekia

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2005. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

DePorter, Reardon & Siger Nourie. 2005. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa,

Hernowo. 2007. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan. Bandung: MLC

Isjoni, 2012. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Richards, J. C. 1996. Approaches and methods in language teaching. New York: Cambridge Univercity Press.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, W. 2013. Perencanaan dan Desainn Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sri Anitah W dan Noerhadi. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2015. Model Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik : Konsep Landasan Teoritis Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Citraâ€Jurnal Ilmiah DASI Vol. 17 No. 2 Juni 2016, hal. 21-30




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i1.3367

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.