SOSIALISASI PROGRAM STUDI S1 FKIP UNITOMO DI MAN 9 JOMBANG
Abstract
ABSTRACT
The importance of higher education plays an important role in every individual's career in the future. This step needs to be considered carefully since students are in high school. They have the freedom to decide after graduation to determine their next steps. Are they working, studying, or working while studying? This question is something that always arises when they are about to graduate. This was also found in students at MAN 9 Jombang. Most of them still have minimal information about higher education. The Community Service Team (abdimas) was present to answer this problem through the Socialization activities of the FKIP Unitomo Undergraduate Study Program at MAN 9 Jombang. This activity is carried out in three stages. First, the planning stage. At this stage the researcher coordinates with the school and determines the material to be presented. Second, the implementation stage. At this stage, the community service team carried out socialization which was attended by all grade 12 students in the MAN 9 Jombang hall. At the reflection stage, the community service team provides the opportunity to conduct questions and answers with students. As a result of this activity, students have information regarding the registration mechanism, graduate profiles, various academic activities, and student achievements in mathematics education and Indonesian language and literature education study programs.
Keywords: socialization, study program, madrasah, senior high school
ABSTRAK
Pentingnya pendidikan tinggi memegang peranan penting bagi karir setiap individu di kemudian hari. Langkah tersebut perlu dipikirkan secara matang sejak siswa duduk di bangku SMA. Mereka memiliki kebebasan untuk menentukan setelah lulus untuk menentukan langkah selanjutnya. Apakah mereka bekerja, kuliah, atau bekerja sambil kuliah? Pertanyaan ini menjadi hal yang senantiasa muncul saat mereka hendak lulus. Hal ini juga dijumpai pada siswa di MAN 9 Jombang. Sebagian besar dari mereka masih minim informasi tentang perguruan tinggi. Tim pengabdian Masyarakat (abdimas) hadir untuk menjawab permasalahan tersebut melalui kegiatan Sosialisasi Program Studi S1 FKIP Unitomo di MAN 9 Jombang. Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahap. Pertama, tahap perencanaan. Pada tahap ini peneliti melakukan kordinasi dengan pihak sekolah dan menentukan materi yang akan disampaikan. Kedua, tahap pelaksanaan. Pada tahap ini, tim abdimas melakukan sosialisasi yang dihadiri oleh seluruh siswa kelas 12 di aula MAN 9 Jombang. Pada tahap refleksi, tim abdimas memberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan siswa. Hasil dari kegiatan ini, siswa memiliki informasi terkait mekanisme pendaftaran, profil lulusan, berbagai kegiatan akademik, dan prestasi mahasiswa prodi pendidikan matematika dan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia.
Kata Kunci: sosialisasi, program studi, madrasah, sekolah menengah atas
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hatip, Ahmad, Setiawan, Windi, Huda, Nuril, Haerussaleh, & Martono, Boedi. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi pedagogik Guru SMP Asa Cendekia. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 65–70.
Jombang, MAN 9. (2022). MAN 9 Jombang. Retrieved May 31, 2024, from MAN 9 Jombang website: http://www.man9jbg.sch.id/
Lubis, Arlina Nurbaity. (2004). Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 1–14. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Maskar, Sugama, Puspaningtyas, Nicky Dwi, Dewi, Putri Sukma,
Asmara, Putri M., & Mauliya, Intan. (2022). Peningkatan Pemahaman Pentingnya Lanjut Studi Ke Perguruan Tinggi Bagi Masyarakatadesa Hanura-Pesawaran, Provinsi Lampung. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 324–331. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4018
Montanesa, Dian, & Ahmad, Riska. (2023). Hubungan persepsi siswa tentang KIP kuliah dengan keputusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 9(1), 292–297.
Putri, P. A. (2020). Identitas Merek Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Jember.
Setiawan, Windi, & Hatip, Ahmad. (2021). Pelatihan Penggunaan Platform Pembelajaran Di Era New Normal Bagi Guru-Guru SD Islam Insan Mulia. 4, 8–16.
Simatupang, Elizabeth, & Yuhertiana, Indrawati. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi : Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 30–38.
Suhendar, Noval, Hatmawan, Aglis Andhita, Ningsih, Liasulistia, Arisna, Puput, Tanjung, Indra Ismahyudi, Shifa, Mutiara, Hartini, & Hasni, Jusnaini. (2022). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan dalam Menumbuhkan Semangat Kuliah ke Perguruan Tinggi di SMAN 1 Labuhanhaji. Indonesian Journal Of Community Service, 2(4), 367–372. Retrieved from https://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/209
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i2.3811
Article Metrics
Abstract view : 86 timesPDF - 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.