MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI LILIN AROMATERAPI DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS PADA USAHA LILIN DI DESA MEDAHAN
Abstract
Keywords: Product Quality, Aromatherapy Candles, Cahya Widhi 16
ABSTRAK
Lilin aromaterapi merupakan sebuah lilin yang bermanfaat menjadi pewangi ruangan, menenangkan pikiran, sebagai alat yang berguna dalam membantu proses terapy dan dapat mendukung gaya hidup sehat yang moderen dan dapat pula untuk mengusir serangga. Lilin aromaterapi dapat dibuat melalui bahan – bahan herbal yang sering kita temui dan gunakan. Lilin aromaterapi ini berpotensi sebagai pengganti lilin konvensional yang tidak memiliki aroma khusus, namun belum banyak orang mengetahui lilin aromaterapi karena memang penjualannya masih sangat jarang terutama di wilayah yang jauh dari kota besar. Pengrajin lilin di Desa medahan kabupaten gianyar salah satunya adalah kelompok usaha lilin Cahya Widhi 16 yang memproduksi berbagai varian aroma dan ukuran yang mempunyai tampilan unik dan wangi khas. Sehingga dapat membuat orang yang menghirupnya menjadi rileks. Kelompok Usaha lilin cahya widhi ini merupakan usaha mikro dan kecil yang didirikan pada tahun 2016 beralamat di jalan Banjar Anggarkasih, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar. Salah satu proses pembuatan yang perlu penanganan adalah masalah kualitas lilin tersebut. Permasalahan yang di alami oleh kelompok usaha Cahya Widhi 16 ini adalah kurangnya alat atau mesin yang digunakan untuk memotong batok kelapa yang merupakan sarana tempat lilin tersebut dan mesin bor dalam proses produksinya. Ketiadaan rak penjemuran membuat hasil dari pengeringan batok kelapa yang sudah selesai di bentuk dan di cat menjadi kurang maksimal serta ketidaktersediaan etalase sebagai tempat sampel untuk memajang sampel agar awet dan lilin aroma terapi tidak cepat rusak. Peningkatan kualitas produksi di imbangi juga dengan perbaikan brand / logo produk pada usaha cahya widhi 16 akan di desain dengan gambar, warna dan tata letak yang menarik sehingga calon konsumen lebih tertarik untuk membeli produksi lilin dengan melihat logo produk.
Kata Kunci : kualitas produk, lilin aromaterapy, cahya widhi 16
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusta, A. 2002. Aromaterapi, Cara Sehat dengan Wewangian Alami. Jakarta, Penebar Swadaya
Aryasatyani, 2010. Membuat dan Mendekoras lilin. Puspaswara, jakarta
Faidliyah. 2017. Pembuatan Lilin Aromaterapi Berbasis Bahan Alami. Jurnal Teknik Industri.7 (1):29
Gitosudarmono Indriyo. Manajemen Pemasaran. Edisi II, BPFE Yogyakarta, 2000. 192
Koensoemardiyah. (2009). A-Z Aromaterapi untuk Kesehatan,Kebugaran, dan Kecantikan.Yogyakarta: Lily Publisher.
Nilna, Minah F, dkk. 2017. Pembuatan Lilin Aroma Terapi Berbasis Bahan Alami. Industri
Inovatif. Vol 7 No. 1.Malang : Institut Teknologi Nasional.
Sipayung, T. (2015). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN MEDIASI KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Vitalis Body Scent, PT. Unza Vitalis Jakarta). 201301060
Soerjono Soekanto, 2021. Sosiologi suatu pengantar, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta
Sunyoto, P. K. (2013). Kajian Teori, Kepuasan Konsumen. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689-1699.
Sunyoto, D. (2013). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan ketiga. CAPS. Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i2.3898
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF - 579 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.