PELATIHAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA MELALUI RBL-STEM PADA GURU DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF
Abstract
Keywords: RBL- STEM, students' environmental literacy, creative thinking
ABSTRAK
Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan kepada guru tentang literasi lingkungan siswa yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran melalui RBL-STEM dalam meningkatkan ketrampilan kreatif guru. Mitra dalam pengabdian ini adalah SMP Negeri 7 Jember. Metode yang dilakukan adalah pelatihan terkait materi, literasi lingkungan siswa, RBL-STEM, dan penerapan lingkungan sekolah dalam pembelajaran. Adapun outcome dalam pengabdian ini adalah peningkatan berpikir kreatif guru dalam proses pembelajaran.
Keywords: RBL- STEM, students' environmental literacy, creative thinking
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arika I.K, Dafik, Zainur, R.R., Fifi Thoyibah (2023) Pendampingan Guru dalam Penyusunan Artikel Terkait Pembelajaran Berbasis Riset dengan Pendekatan STEM dalam Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kreatif Inovatif bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa. European Juornal of Education and Pedagogy, 1(09), 2062-2066
Dafik. (2016). Pengembangan PBR (Pembelajaran Berbasis Riset) dalam Mata Kuliah. Universitas Jember
Fifi T, Susanto, Arika I.K., Rafiantika, M.P. (2021). Kerangka Aktivitas Pembelajaran Berbasis Riset dengan Pendekatan STEM: Pemanfaatan Bahan Ecobrick dalam Mendesain Tempat Duduk Menggunakan Konsep Pola Bilangan untuk Meningkatkan Metaliterasi Siswa. RBL-STEM, Book Chapter, CGANT-UNEJ. 285-308
Suntusia, Dafik, Hobri. (2019). The Effectiveness of Research Based Learning in Improving Students’ Achievement in Solving Two-Dimensional Arithmetic Sequence Problems. International Journal of Instruction, 12(1),17-32
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i2.3996
Article Metrics
Abstract view : 97 timesPDF - 50 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.