WORKSHOP STRATEGI PUBLIKASI KARYA ILMIAH DI JURNAL ILMIAH
Abstract
ABSTRACT
The community service that has been carried out is a workshop on strategies for publishing scientific works in scientific journals for Singkawang city science teachers. The objectives of this service activity are: (1) providing material regarding knowledge in how to write to publish scientific articles in research journals; (2) providing training in writing and publishing scientific articles. The focus of this service is to provide information to teachers so that they have an understanding in writing scientific papers in both quantitative and qualitative research methods; provide material on strategies for finding correct and relevant scientific journals so that they are recognized in the assessment of teachers' functional positions; provide material on how to send scientific paper manuscripts to scientific journals until the manuscript is accepted. The methods used in this scientific work publication workshop are: 1) planning; 2) implementation; and 3) reflection. Evaluation of activities is carried out through: 1) Question and answer; 2) Google form related to the questionnaire to measure teacher understanding and responses regarding material content and workshop effectiveness. Indicators of success in implementing scientific work publication workshops use 2 methods, namely: (1) evaluation during the activity process, and (2) evaluation after the workshop activity.
Keywords: Scientific articles, writing, community service.
ABSTRAK
Pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan adalah kegiatan workshop strategi publikasi karya ilmiah di jurnal ilmiah bagi guru di kota Singkawang. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu: (1) memberikan materi mengenai pengetahuan dalam cara penulisan artikel ilmiah dan cara mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal penelitian; (2) memberikan pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah. Adapun fokus pada pengabdian ini yaitu memberikan informasi kepada guru agar memiliki pemahaman dalam menulis karya ilmiah yang baik dan benar baik di metode penelitian kuantitatif maupun kualitatif; memberikan materi tentang strategi menemukan jurnal ilmiah yang benar dan relevan agar diakui dalam penilaian jabatan fungsional guru; memberikan materi tentang cara mengirim naskah karya ilmiah pada jurnal ilmiah yang sudah didapatkan sampai naskah tersebut dinyatakan diterima (accepted) oleh editor. Metode yang digunakan dalam kegiatan workshop publikasi karya ilmiah ini yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; dan 3) refleksi. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui: 1) Tanya jawab. 2) Google form terkait kuesioner untuk mengukur pemahaman dan respon guru mengenai konten materi dan efektivitas workshop. Indikator keberhasilan dalam pelaksanaan workshop publikasi karya ilmiah menggunakan 2 metode, yaitu: (1) evaluasi selama proses kegiatan, dan (2) evaluasi pasca kegiatan workshop.
Kata Kunci: Karya ilmiah, penulisan, pengabdian kepada masyarakat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirullah, H. (2019). PPT Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada Kegiatan Bimtek Tim PAK.
Dharmadi, M. A., Parwata, I. G. L. A., & Dartini, N. P. D. S. (2021). KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL DAN PUBLIKASI ILMIAH GURU PJOK DI BALI. Proceeding Senadimas Undiksha, 442.
Diputra, K.S., Tristiantari, N.K.D., & Jayanta, I.N.L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. Journal of Character Education Society, 3(1), 118-128.
Kemdikbud. (2019). Buku 4 tentang Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya. Edisi Revisi. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Kompas. (2014). Guru Terganjal Karya Ilmiah. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2014/11/06/22495931/Guru.Terganjal.Karya.Ilmiah.
Kusworo, K., Rahayu, P. Y., & Gunawan, H. I. (2020). PUBLIKASI KARYA ILMIAH SEBAGAI WUJUD PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERLANJUTAN. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Larasati, R. T. (2014). Faktor-faktor Penghambat Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SDN Lempuyangwangi Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Lestari, M., Faozanudin, M., & Puspita, D. R. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Publikasi Ilmiah Guru PNS di SMP Negeri 1 Rembang dan SMP Negeri 3 Pengadegan Kabupaten Purbalingga. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 4(1).
Permenpan. Nomor 16. (2009). Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i2.4004
Article Metrics
Abstract view : 113 timesPDF - 44 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.