CERDAS CERMAT DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRACT
Education is very important for every group in various regions, especially for children aged 6-12 years. This is the case in Gunung Selamat village, Labuhan Batu district, as can be seen from the availability of 2 elementary schools in Gunung Selamat village, namely SD Negeri 30 Bilah Hulu and SD Negeri 23 Bilah Hulu. However, interest in studying at one of these elementary schools is quite lacking. So a quiz activity was held by KKN students from Labuhanbatu University, Faculty of Teacher Training and Education (FKIP). This activity was carried out with the aim of attracting students' interest in learning. Quiz is a learning technique used to increase student activity and learning outcomes through competitions. Participants in this activity were attended by two schools with a total of 6 teams, where one school consists of three teams and each team consists of students from grades 4, 5 and 6. This quiz competition consists of three rounds, namely the preliminary round, the semi-final round and the final (determining) round. In the determining round, team E won 1st place, team C won 2nd place, and team A won 3rd place, then in the semi-final round. In the semi-finals there are 1st runners-up, namely team D, 2nd runners-up, namely team B, and 3rd runners-up, namely team F. It is hoped that the results of this competition will attract students' interest and activeness in learning.
Keywords: KKN, Intelligent, Interested in learning, elementary school students
ABSTRAK
Pendidikan sangat penting untuk setiap kalangan diberbagai daerah terutama untuk anak kisaran usia 6-12 tahun. Begitu hal nya dengan di desa Gunung Selamat, kabupaten labuhan batu, terlihat dari tersedianya 2 sekolah dasar yang ada di desa gunung selamat yaitu SD Negeri 30 Bilah hulu dan SD Negeri 23 Bilah Hulu. Namun minat dalam belajar di salah satu sd tersebut cukuplah kurang. Sehingga diadakanlah sebuah kegiatan Cerdas Cermat oleh anak KKN Universitas Labuhanbatu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ). Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menarik minat belajar siswa. Cerdas cermat merupakan tehnik pembelajaran yang digunakan untuk dapat meningkatkan seaktifan dan hasil belajar siswa melalui perlombaan. Peserta kegiatan ini diikuti oleh dua sekolah dengan jumlah 6 regu, dimana satu sekolah terdiri dari tiga regu dan setiap regunanya terdiri dari siswa kelas 4,5,dan 6. Pada lomba cerdas cermat ini terdiri dari tiga babak yaitu babak penyisihan,babak semi final dan babak final ( penentuan ) dalam babak penentuan diperoleh juara 1 oleh regu E, juara 2 diperoleh oleh regu C, dan juara 3 diperoleh oleh regu A, Selanjutnya dibabak semi semi final terdapat juara harapan 1 yaitu regu D, juara harapan 2 yaitu regu B, dan juara harapan 3 yaitu regu F. Hasil perlombaan ini diharapkan dapat menarik minat dan keaktifan siswa untuk belajar
Kata Kunci: KKN, cerdas cermat, minat belajar, siswa SD
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliyah, Sania. 2021. “Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara.” 5: 1766–70.
Anggraeni, Sri Wulan, Yayan Alpian, Depi Prihamdani, and Euis Winarsih. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6): 5313–27.
Apriadi, Dodi et al. 2022. “Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka 1(1): 25–30.
Az-Zahra, S F, and A Astriyani. 2021. “Cerdas Cermat Matematika SMA Hang Tuah Kelas 11 IPS.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ: 1–6.
Elviana, Lidya, Gustia Sainanda, and Merika Setiawati. 2022. “Hubungan Pemberian Apresiasi Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 X Koto Diatas.” Jurnal Eduscience 9(2): 388–94.
Fitriana, Destika Putri, Ayu Puspitasari, and Finka Indiyani. 2023. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Desa Sukadadi , Kecamatan Gedong Tataan , Kabupaten Pesawaran Melalui Lomba Cerdas Tepat ( LCT ).” 1(1): 35–45.
Nasution, Amanda Syahri, Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah, and Lomba Cerdas Cermat. 2018. “Membangkitkan Minat Belajar Siswa Melalui Lomba.”
Prastika, Yolanda Dwi. 2020. “Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1(2): 17–22.
Putra, Fitra Kasma. 2019. “Disain Database Untuk Pengelolaan Data Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Pada Institut Agama Islam Negeri (Iain) Batusangkar.” Jurnal SIMTIKA 2(1): 60–65.
Putri, Adinda Rahmi, M. Fakhruddin, and Muhammad Hasmi Yanuardi. 2021. “Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 3 Bukittinggi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2): 3119–26. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1350/1193.
Ramadhani, Achmad Nur, Klose Margaret, Oktavia Sitanggang, and Astri Cahyani. 2024. “Lomba Cerdas Cermat Sebagai Metode Inovatif Pengembangan Minat Belajar Siswa SDN Kalisari 1 Surabaya.” 8(3): 631–39.
Setiyaningsih, Suti. 2020. “Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika.” Joyful Learning Journal 9(3): 144–49.
Syifa Aulia et al. 2022. “Upaya Meningkatkan Rasa Nasionalisme Siswa Melalui Lomba Cerdas Cermat Di Uptd Sdn 3 Wagir.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan 2(3): 81–92.
Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1): 2896–2910.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i2.4074
Article Metrics
Abstract view : 132 timesPDF - 280 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.