PEMBUATAN VIDEO PROFIL OBJEK WISATA GOA SIMULLUK UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN LEMBANG TONDON MATALLO
Abstract
ABSTRACT
One of the implementations of the tridarma of higher education is community service. Thematic Real Work Lecture (KKN-T) is a form of service activity from a person or group of students to the community. Students who are included in it are followed by cross-vocational. In the implementation of the Thematic Real Work Lecture (KKN-T), several problems were found among the community including tourism, education and government. This Thematic KKN raised one of the themes determined from the campus, namely "Innovation in Tourism Area Development". This activity aims to help the community in promoting tourism and serving the community. From the observation activities carried out in the field, it was found that there were several things that became obstacles for the community, namely in the field of promoting tourism. The steps taken in this activity are cleaning around Simulluk Cave and making promotional videos that allow tourists to find out about this tourism. After making a video, it is hoped that tourism can be recognised by the wider community and can develop as an effort to develop tourism.
Keywords: tourism resort, promotion, profile video
ABSTRAK
Salah satu implementasi dari tridarma perguruan tinggi adalah pegabdian kepada masyrakat. Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T)merupakan sebuah bentuk kegiatan pegabdian dari seorang atau sekelompok mahasiswa kepada masyrakat. Mahasiswa yang terdapat didalamnya diikuti oleh lintas kejuruan. Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja nyata Tematik (KKN-T) menemukan beberapa permasalahan yang ditemui dikalangan masyarakat diantaranya pariwisata, pendidikan dan pemerintah. KKN Tematik ini mengangkat salah satu tema yang telah ditentukan dari kampus yaitu “ Inovasi Pengembangan Kawasan Wisata”. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mempromosikan wisata dan mengabdi kepada masyarakat. Dari kegiatan observasi yang dilakukan dilapangan ditemukan ada beberapa hal yang menjadi kendala masyarakat yakni dalam bidang mempromosikan pariwisata. Langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan ini yakni membersihkan sekitar Goa Simulluk serta membuat video promosi yang memungkinkan wisatawan bisa mengetahui pariwisata ini. Setelah membuat video diharapkan pariwasata bisa dikenal masyarakat luas dan dapat berkembang sebagai upaya pengambangan pariwisata.
Kata Kunci: objek wisata, promosi, video profil
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Muchtar, Suwarma. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri. Bahiyah, C. (T.T.). Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Di Pantai Duta Kabupaten Probolinggo
Gunawan, R. (T.T.). Strategi Pengembangan Objek Wisata Goa Pandan Giri Mulyo Di Kabupaten Lampung Timur.
Pamularsih, T. R. (2020). Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Desa Abangsongan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Jshp?: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 5(1). Https://Doi.Org/10.32487/Jshp.V5i1.988
Rambulangi, A. C., & Batara, M. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (Jesit), 2(1), 1–21. Https://Doi.Org/10.47178/Jesit.V2i1.1229
Setioko, M. D. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Wisata Kota Di Kota Malang. Jurnal Pariwisata Pesona, 4(1), 81–88. Https://Doi.Org/10.26905/Jpp.V4i1.2524
Oka A.Yoeti, 2015. Dasar-Dasar Pengertian Hospitaliti Dan Pariwisata. Bandung.
Rizki, A. M. (2022). Sektor Pariwisata, Pengangguran Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia.
Samsuridjal D Dan Kaelany Hd., 2014. Peluang Di Bidang Pariwisata. Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit Pt Mutiara Sumber Widya
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i2.4129
Article Metrics
Abstract view : 76 timesPDF - 48 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.