Kemampuan Siswa Dalam Menulis Puisi Himne Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 06 Satu Atap Pinoh Selatan

Valentinus Ola Beding, Eliana Yunitha Seran, Dino Dino

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, teknik pengukuran, dan dokumentasi, dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi, soal tes dan dokumen sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan interaktif. Hasil penelitian (1) penerapan media gambar berdasarkan pelaksanaan penelitian, hasil observasi, dan hasil wawancara tentang menulis puisi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Satu Atap Pinoh Selatan dapat dikatakan baik dan media gambar dapat diterapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi bahwa siswa dapat menulis puisi himne dengan menggunakan media gambar, (2) peningkatan berdasarkan ketuntasan belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus II, pada siklus I ketuntasan belajar siswa adalah 60% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 90% sehingga terjadi peningkatan sebesar 30%, (3) respon siswa dalam pembelajaran bahwa siswa senang dengan menggunakan media gambar, hal ini tampak dari kegiatan belajar mengajar yang baik. Dimana siswa antusias saat mengikuti proses pembelajaran dan merespon kegiatan pembelajaran selama pembelajaran berlangsung.

 

Kata Kunci: Kemampuan Menulis Puisi, Media Gambar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i2.1001

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Valentinus Ola Beding, Eliana Yuniha Seran, Dino Dino



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.