ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS II SDN 26 PENJERNANG HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19 di Kelas II SDN 26 Penjernang Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan Penelitian meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II SDN 26 Penjernang Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik dan alat pengumpul berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19 dilakukan dengan tatap muka sederhana, dimana siswa datang ke sekolah mengambil tugas untuk dikerjakan di rumah. Ada beberapa faktor penghambat proses pembelajaran yaitu: guru tidak bisa menjelaskan secara maksimal karena perubahan metode mengajar, sistem dan waktu terbatas dan banyak anak-anak yang tidak paham terhadap tugas dan materi yang disampaikan sehingga menyebabkan nilai siswa pun bervariasi. Sedangkan faktor pendukung proses pembelajaran yaitu: fasilitas buku peganggan siswa cukup memadai sehingga anak mudah untuk belajar. Kemudian upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat yaitu: siswa diberikan tugas setiap sekali dalam seminggu untuk mengambil dan mengantar tugas tersebut ke sekolah, tugas yang diberikan sesuai dengan tema dan kompetensi dasar yang ada pada buku paket.
Kata kunci : Proses Pembelajaran, Pandemi Covid-19.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online) diakses pada tanggal 13 oktober 2020.
Hadion Wijoyo dan Irjus Indrawan. 2020. Model Pembelajaran Menyonsong New Era Normal Pada Lembaga Paud di Riau. Riau: STMIK Dharmapala Riau. Vol. 3. Hal. 205-212 (Online), diakses pada tanggal 2 februari 2021.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID-19). (Online), diakses pada tanggal 20 oktober 2020.
Nawawi Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v6i1.1199
Article Metrics
Abstract view : 121 timesPDF - 86 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Evi Fitrianingrum, Gabriel Serani
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.